Raih WTP . Kepala DJPb : Ini Sejarah, Pertama Kalinya Seluruh Pemda Di Babel Raih Predikat Tertinggi Dalam Laporan Keuangan

Bagikan Berita

BangkaBelitung,BERITACMM.com

Pemerintah pusat melalui DJPb ( Direktorat Jendral Perbendarahan) Prov.Babel menggelar penyerahan penghargaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 lingkup Provinsi Bangka Belitung dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) .

Acara yang dilaksanakan sebagai wujud Apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah kali ini mengusung tema “Mengawali Akuntabilitas Untuk Pengelolaan Keuangan Daerah Berkualitas Yang Berbudaya WTP”, Berlangsung di Ruangan Tanjung Pesona Prov Babel, Selasa (19/10/2021)

Pada sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Prov.Babel, Dr. Edih Mulyadi S.E.,M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan sejarah karna untuk pertama kalinya dapat memperoleh predikat tertinggi dalam laporan keuangan .

“Acara yang berlangsung ini begitu spesial karena ini adalah sejarah, ini adalah pertama kalinya Entitas setiap Daerah di Prov.Babel memperoleh predikat tertinggi didalam laporan keuangan Pemerintah Daerah” Katanya yang disambut riuh tepuk tangan para tamu yang hadir.

Ia juga menjelaskan Dengan laporan keuangan yang sudah mencapai WTP tentu merupakan satu modal yang sangat penting didalam berbagai aspek,terutama untuk memastikan dasar pengambilan kebijakan Viskal yang bersifat nasional nantinya.

“ini adalah modal dasar yang sangat penting untuk dasar pengambilan kebijakan Viskal baik itu ditingkat Kota, maupun Provinsi yang nantinya akan berkontribusi baik untuk pembuatan kebijakan Viskal yang bersifat Nasional” Jelas Edih

Lebih lanjut, Ditambahkannya bahwa nanti dalam beberapa tahun kedepan pemerintah akan membangun sistem laporan keuangan , dimana nantinya melalui sistem tersebut akan menjadi indikator dalam pengelolaan pembangunan Pusat

“Pemerintah dalam beberapa tahun kedepan akan membangun laporan keuangan SIKRI ( sistem informasi keuangan republik indonesia) sistem ini akan menggabungkan/memperjelas perbedaan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dan itu akan menjadi suatu hal yang penting untuk berbagai kepentingan dalam pengelolaan pembangunan pusat” Tuturnya

Untuk diketahui, Pemkab Bangka dan Pemkab Bangka Tengah berhasil mendapatkan penghargaan WTP 5 kali secara berturut-turut, untuk LKPD 2020 ini terdapat 486 Provinsi yang meraih predikat WTP dengan rincian 33 Provinsi termasuk Bangka Belitung , 88 Kota dan 365 Kabupaten yang tersebar diseluruh indonesia .
dimana hasil yang dicapai ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sementara itu , Gubernur Bangka Belitung , Erzaldi Rosman menyampaikan bahwa apa yang sudah di raih ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas dalam mengelola keuangan lebih baik kedepannya.

” ini tantangan untuk kita , dimana WTP yang sudah diraih ini selain mempertahankan harus kita tingkatkan kualitas nya, WTP ini sebagai standart atau indikator kita agar kedepan dapat mengelola keuangan daerah lebih baik” Ungkapnya

Ia juga berharap dari pencapaian ini transaksi keuangan dapat di kelola dan di pertanggung jawabkan sebaik mungkin agar kualitas laporan keuangan dapat lebih ditingkatkan .

“kita akan berupaya dengan segala pihak agar akuntabilitas dan transparansi ini harus kita jaga bersama-sama sehingga kita berharap transaksi keuangan dapat dikelola dan di pertanggung jawabkan sebaik mungkin dengan demikian capaian ini ataupun kualitas laporan keuangan dapat di pertahankan dan terus ditingkatkan” Harap orang nomor satu di Babel ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pihak Pemprov Babel dan DJPb Prov.Babel.

(Jek)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *