BeritaDaerahNasionalPemerintahanPendidikan

166 Pramuka Garuda se-Babel Terima Tanda Penghargaan

Bagikan Berita

BangkaBelitung,BERITACMM.com

Sebanyak 166 Pramuka Garuda seluruh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang terdiri dari 100 anggota Pramuka dari Kwarcab Bangka Selatan, 41 Kwarcab Bangka Barat, 21 Kwarcab Pangkalpinang, 2 Kwarcab Bangka, dan 2 anggota Pramuka Kwarcab Bangka Tengah, memperoleh Tanda Penghargaan dan Apresiasi Pramuka Garuda yang merupakan tingkat kecakapan tertinggi dalam setiap golongan pramuka.

Penyematan Tanda Penghargaan dan Apresiasi Pramuka Garuda Tahun 2021 Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung, dilakukan dalam prosesi upacara yang diserahkan oleh Gubernur sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida), Erzaldi Rosman, Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Budi Prayitno dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi, di GOR Sahabuddin, Rabu (1/12/21).

Kegiatan ini merupakan momen bersejarah bagi Kepramukaan Babel, karena pertama kalinya diadakan pemberian tanda penghargaan dan apresiasi Pramuka Garuda gabungan seluruh Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi yang juga merupakan Kamabida Babel, Erzaldi Rosman, menyampaikan bahwa Pramuka Garuda ini merupakan pencapaian kecakapan tertinggi dari tiap golongan baik siaga, penggalang, penengak, maupun pandega.

Seperti yang telah dipaparan Kakwarda Babel sebelumnya, bahwa proses untuk menjadi Pramuka Garuda tidak mudah. Tapi prosesnya melalui latihan-latihan yang rutin di gugus depan, dengan materi-materi yang beragam, keterampilan, kecakapan, dengan kegiatan yang seru, menarik, dan menantang.

“Siapa orang yang terpilih menjadi Pramuka Garuda itu adalah orang-orang yang terpilih, orang yang menatap masa depan dengan penuh kepastian, dan siap menjadi penerima estafet kepemimpinan di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Erzaldi menceritakan bahwa dirinya dulu adalah seorang pramuka. “Saya dulu tidak pernah menyangka akan menjadi seorang Pengusaha, Anggota DPR, menjadi seorang Bupati, maupun menjadi seorang Gubernur. Pramuka adalah salah satu wadah latihan dimana saya ditempa hingga menjadi seperti sekarang ini,” jelasnya.

Oleh sebab itu Gubernur Erzaldi menitipkan pesan kepada orang tua agar memasukkan anak-anaknya sebagai anggota Pramuka. Karena dengan Pramuka mereka akan disibukkan dengan kegiatan positif, kegiatan yang riang gembira, dapat ilmu, dan keterampilan serta dapat berkarakter.

Kepada Kakwarda Melati beserta jajarannya, Gubernur Erzaldi memberikan penghargaan yang tinggi atas segala pencapaian ini, awal yang baik, yang harus selalu di perjuangkan. Kepada Ketua kwarnas juga diucapkan terima kasih atas kehadirannya, dan mohon bimbingan agar Kwarda Bangka Belitung agar menjadi kwarda yang maju, keren, yang selalu terbaik.

Sebelumnya Kakwarda Babel, Melati Erzaldi meneteskan air mata, mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh para anggota Pramuka yang meraih predikat Pamuka Garuda.

“Alhamdulillah, hari ini kita lihat hasil perjuangan adik-adik kita menjadi Pramuka Garuda, sebanyak 166 orang se-Bangka Belitung di tahun 2021. Untuk adik yang telah berlatih pramuka dengan gigih, dengan tekun dengan semangat, susah payah, hari ini kakak persembahkan untuk kalian semua, acara yang megah ini sebagai apresiasi bagi keberhasilan kalian. Kakak bangga!,” ungkapnya.

Kepada para pembina, orang tua, dan kepala sekolah (mabigus), Kakwarda berpesan agar jangan pernah berhenti mencetak kader-kader Pramuka Garuda untuk masa depan Indonesia.

Menurut Kakwarda Melati, ini merupakan kolaborasi seluruh pihak yang terus membuat terobosan untuk mencetak Pramuka Garuda sebanyak-banyaknya.

Dijelaskannya juga, Kwarda Babel telah menandatangi nota kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi, dalam rangka memberikan jalur khusus Pramuka Garuda untuk kuliah di kampus tersebut. Pihaknya berharap hal ini juga diikuti oleh seluruh Kwarcab untuk memberikan penghargaan bagi Pramuka Garuda, mendapat jalur prestasi untuk masuk ke sekolah-sekolah.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Kak Budi Prayitno juga menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan Anggota Pramuka Babel menjadi Pramuka Garuda melalui proses yang panjang.

Untuk menuju menjadi Pramuka Garuda ada beberapa proses diantaranya adalah, kemampuan mengangkat nilai-nilai kepramukaan secara berjenjang, peningkatan ketrampilan, dan ujian pencapaian Pramuka Garuda yang melibatkan orang tua, saudara, dan orang disekitarnya.

Kwarnas dalam kesempatan itu mengapresiasi langkah Kamabida dan Kakwarda Babel yang telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan perguruan tinggi sebagai apresiasi Pramuka Garuda mendapat jalur khusus masuk ke dalam perguruan tinggi tersebut. Hal ini akan menjadi motivasi bagi Kwarda lain.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, para Majelis Pembimbing Daerah, Sekretaris, Wakil Ketua dan Pengurus Kwarda Babel, dan Pimpinan serta Pengurus Kwarcab se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *