BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Gubernur Ingin Sentuhan yang Lebih Cantik di Pantai Tanjung Tinggi

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pesona Pantai Tanjung Tinggi memiliki keindahan alam yang luar biasa, pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang indah dan dipercantik dengan susunan bebatuan granit berukuran raksasa. Keunikan itulah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Bangka Belitung (Babel), khususnya ke Kabupaten Belitung. Potensi besar ini terus dimaksimalkan oleh Gubernur Erzaldi Rosman.

Nama Belitung, dan keindahan Pantai Tanjung Tinggi yang telah mendunia berkat Film Laskar Pelangi, menurut Gubernur Erzaldi, sangat disayangkan jika tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai bagi para wisatawan yang datang. Lalu, apa rencana orang nomor satu di Babel tersebut untuk menjadikan Pantai Tanjung Tinggi lebih indah?.

Sebagai langkah awal untuk memberikan sentuhan yang lebih menarik yaitu merelokasi warung-warung makan serta kios yang ada di kawasan Pantai Tanjung Tinggi. Rencana tersebut pun ia sampaikan langsung dihadapan berbagai stakeholder saat rapat yang digelar dengan suasana santai di tepi Pantai Tanjung Tinggi, Kamis (3/2/22).

“Tanjung Tinggi ini destinasi yang sangat indah sekali. Tetapi, pada kenyataannya terbuyarkan oleh situasi dan kondisi yang kita lihat bersama, kurang rapi dan kurang bersih. Ini menjadi konsentrasi kita untuk menjadikan Pantai Tanjung Tinggi ini magnet bagi setiap orang yang datang ke Bangka Belitung ” ujar Gubernur Erzaldi.

Gubernur bersama Kepala Dinas Pariwisata Belitung, perwakilan PT Meranti sebagai mitra, Kepala Desa Ciput, perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan para pedagang, langsung meninjau lokasi rencana relokasi yang terletak berseberangan dari bibir pantai. Dari situ, disepakati akan dibangun dua klaster pusat kuliner, yang masing-masing akan dibagikan dari total 52 pedagang yang ada saat ini.

“Kita sepakat merelokasi, merapikan, dan mendesain untuk menjadikan Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi _the best place destination_ yang ada di Belitung. Kita lihat batu yang luar biasa, pasir yang putih bersih. Kalau didukung dengan kebersihan yang lebih baik lagi, saya yakin ini menjadi atraksi yang sangat menarik. Pokoknya kita buat indah,” ujarnya.

Dengan adanya relokasi ini, Pantai Tanjung Tinggi akan terbebas dari bangunan, sehingga pandangan para wisatawan ke bibir pantai menjadi lebih luas, dan dapat menikmati sunset.  Selain merelokasi pedagang, Gubernur Erzaldi juga akan memenuhi sarana dan prasarana lain seperti toilet, musala, ruang ganti, dan parkir yang representatif.

Pembangunan tersebut ditargetkan akan direalisasikan dalam tiga bulan ke depan, sekaligus untuk mempersiapkan Pulau Belitong menjadi tuan rumah G20 _(The Group of Twenty)._ Untuk proses awal akan dimulai pekan depan dengan melibatkan arsitek yang akan mendesain pusat kuliner, dan sarana-prasarana lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung, Bakri Hauriansyah menyambut baik rencana Gubernur Erzaldi untuk mempercantik Pantai Tanjung Tinggi. Menurutnya, rencana tersebut perlu dukungan semua pihak sehingga dapat terselesaikan sesuai target pada Mei 2022.

“Kita mohonkan dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, pedagang yang ada di sekitar pantai, sehingga apa yang digambarkan oleh Pak Gubernur bisa selesai mei mendatang,” pungkasnya.

(Jek/rlls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *