Dinobatkan Menjadi Ketua SOIna, Melati Erzaldi : Buka Ruang, Beri Peran Bagi Anak Bertalenta Khusus

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dinobatkan menjadi Ketua SOIna Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masa bakti 2022-2026, Melati Erzaldi ingin kita bersama membuka ruang dan memberi peran bagi anak bertalenta khusus untuk mereka mengukir prestasi.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP SOIna, Warsito Ellwein hari ini, Rabu (9/2/2022) di Ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

SOIna atau Special Olympics Indonesia merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga penyandang tuna grahita di Indonesia.

“Disabilitas adalah sebuah persepsi, jika kita sama-sama berkarya dan mampu menghasilkan karya besar, kita adalah sama,” ucap Melati Erzaldi mengawali sambutannya usai dilantik.

Terinspirasi saat dirinya berkunjung ke salah satu sekolah anak anak bertalenta khusus, dirinya kemudian langsung mengaktifkan SOIna di Babel untuk merangkul atlet-atlet
penyandang disabilitas intelektual baru di Babel untuk meraih prestasi mendapat tempat sejajar dengan atlet-atlet lain di tanah air bahkan dunia.

“Ketika saya dan Pak Erzaldi melihat anak-anak berkebutuhan khusus, di mata kami mereka itu sama, sama-sama anak kami yang harus diberikan ruang dan peran untuk berkembang dan berprestasi,” ungkapnya lagi.

Di kesempatan ini, dirinya berpesan kepada pengurus agar bekerja dengan tulus, ikhlas tanpa pamrih agar anak-anak yang memiliki talenta khusus ini bisa mandiri dan berprestasi.

Lebih lanjut dikatakannya, komitmen dan perhatian Pemprov. Babel terhadap anak-anak ini sudah sejak lama dilakukan dan kita bisa lihat bukti jika mereka diberikan ruang dan peran mereka dapat mengukir prestasi.

“Tahun 2018, Pemprov. Babel pernah mengirimkan atlet berkebutuhan khusus dan Alhamdullilah kita bisa memperoleh emas dan satunya mampu mewakili Indonesia ke Abu Dhabi,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum PP SOIna, Warsito Ellwein mengungkapkan rasa bangganya kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta istri, Melati Erzaldi yang selalu aktif membuka ruang ruang khusus ynag aman dan nyaman bagi penyandang disabilitas beraktivitas.

“Dunia kini berubah, perspektif dan mindset kini sudah mulai berubah. Perbedaan kini tidak menjadi masalah atau sesuatu yang rendah. Terkhusus bagi penyandang disabilitas, saat ini tidak lagi menjadi kaum termarjinalkan, namun mereka kini menjadi bagian dari pembangunan dan kemajuan suatu bangsa,” tuturnya.

“Given yang mereka terima dikatakannya terbukti mampu memberikan prestasi di berbagai bidang khususnya di bidang olahraga, bidang yang menjadi perhatian SOIna.

“Terbukti atlet-atlet berkebutuhan khusus ini telah mampu berprestasi di kancah internasional salah satunya Paralimpiade beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

“Jadi mari kita sediakan ruang-ruang yang aman dan nyaman bagi anak anak yang memiliki talenta khusus. Saya bangga, Kepulauan Bangka Belitung punya itu. Bisa kita lihat komitmen Bapak dan Ibu Gubernur yang selama ini terus aktif memberi perhatian khusus bagi pemenuhan kebutuhan anak anak spesial ini,” ujar Warsito.

Dikatakannya satu mindset yang harus kita tanamkan bahwa anak-anak ini adalah anak kita, tanggung jawab kita membuka ruang sesuai ukuran given yang mereka miliki.

“Saya berharap akan muncul banyak bintang-bintang dari Kepulauan Bangka Belitung ini,” pungkasnya.

(Jek/rlls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.