Tiba di Belitung, Kapolri Langsung Meninjau Pelaksanaan Vaksinasi Booster Serentak Se-Wilayah Babel

Bagikan Berita

Belitung,BERITACMM.com

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Belitung untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19, sekaligus menyampaikan Bantuan Sosial Kapolri, yang dilaksanakan di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Rabu (09/02/2022).

Saat peninjauan, Kapolri didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto, serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang dr. Bangun Cahyo Utomo.

Kegiatan itu sendiri dilakukan dalam rangka meningkatkan kekebalan komunal sebagaimana arahan Presiden RI. Maka Polda Babel mengadakan vaksinasi serentak di seluruh Polres yang ada di Babel, dengan lokasi utama di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang.

Proses vaksinasi di Polres Babel lainnya, turut disaksikan juga oleh Kapolri secara virtual, dengan menyapa Forkopimda dari Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang.

Dari laporan yang ada pada saat dialog interaktif dengan Kabupaten lainnya, Pimpinan Tertinggi Korps Bhayangkara ini menilai angka-angka pencapaian vaksinasi di Bangka Belitung sudah cukup baik.

Namun demikian, dirinya meminta agar seluruhnya harus belajar dari kasus saat ini mengenai varian baru omicron yang sudah berkembang cukup pesat dibeberapa wilayah di Indonesia.

IMG 20220209 WA0242
Kapolri Didampingi Forkopimda Babel

“Walaupun diwilayah Babel agak kurang namun tentunya ini menjadi pengalaman, karena kecenderungan saat ini akan ada pergeseran dalam kurun waktu 2-3 hari ini dan tentunya bagi kita semua ini dapat mempersiap diri dengan sebaik-baiknya.”ungkap Jenderal Listyo.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga mengungkapkan pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan mengakselarikan kegiatan vaksinasi khususnya bagi usia lansia.

Menurutnya, berdasarkan dari data yang ada walaupun sudah melakukan vaksinasi masih ada yang bisa terkena varian baru omicron ini khususnya usia lansia karena angka yang ada hampir 84 persen fatalitas/kematian adalah angka dilansia ataupun komorbid.

“Tadi sudah kita komunikasikan dilokasi isoter, ada yang sudah dua kali vaksin tapi tetap bisa kena varian omicron apalagi tidak vaksin.”terang Kapolri.

Untuk diketahui, total sasaran vaksinasi massal yang ditargetkan oleh pihak Polda Babel adalah sebanyak 5.250 orang. Dengan rincian 2.375 masyarakat umum, 2.250 pelajar dan 625 lansia.

IMG 20220209 WA0241
kapolri Meninjau Pelaksanan Vaksinasi Covid-19

Khusus di Polres Belitung sendiri, dijelaskan dr. Bangun Cahyo Utomo yang dalam kesempatan itu bertugas sebagai juru bicara perwakilan satgas Covid-19 Babel pada Kunjungan Kapolri, bahwa proses vaksinasi ditargetkan sebanyak 600 orang, dengan rincian 150 dosis Sinovac, 250 dosis AstraZeneca, 50 dosis Pfizer dan 150 dosis Moderna.

Lebih lanjut, Jenderal Bintang Empat ini meminta kepada masyarakat khususnya media untuk bisa membantu mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum melakukan vaksin ke gerai yang sudah disiapkan baik dari Pemda, Kapolda, Danrem dan Kejaksaan.

“Terimakasih kepada Pak Gubernur, Pak Kapolda, Danrem dan Kejaksaan yang selalu solid dan kompak yang bisa mengatur membagi tugas satgas-satgas ini karena ini sangat penting bagi kita dalam menghadapi varian baru dan menjadi tantangan bagi kita. Soliditas dan kekompakan menjadi kunci utama dalam menghadapi covid-19.”tutup Kapolri.

Selain pelaksanaan vaksinasi, dalam kunjungan ini Kapolri didampingi Gubernur Erzaldi turut menyerahkan bantuan 600 paket sembako yang diberikan secara simbolis kepada 6 orang perwakilan masyarakat.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.