Kanwil Kemenkumham Babel Gelar Rakor Pelaksanaan Aksi HAM dan Persiapan Penilaian Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM 2022

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kep. Bangka Belitung melakukan rapat koordinasi dan evaluasi capaian, serta pelaksanaan aksi HAM dan persiapan penilaian kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2022, berlangsung di Balai Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel, Senin (07/03/2022)

Pada sambutannya, Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kep. Bangka Belitung, Itun Wardatul Hamro mengatakan bahwasannya tujuan dari kegiatan ini sebagai bahan evaluasi dalam rangka penyusunan dan penyempurnaan RANHAM dan Aksi HAM pada periode berikutnya.

Selain itu, hal ini juga sebagai bahan evaluasi serta persiapan penyampaian data dalam indikator penilaian kriteria daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Keterlibatan aktif Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan RANHAM Generasi 53 Tahun 2021,” katanya.

“Tidak lupa, akademisi, organisasi masyarakat sipil, dan organisasi penyandang disabilitas sepatutnya dilibatkan dalam pelaksanaan, sekaligus pula dalam upaya pemantauan dan evaluasi. Hal ini agar RANHAM dapat terwujud dan berdampak bagi penerima manfaatnya,” tambah Plt Kantor Wilayah Kemenkumham Babel.

Lebih lanjut, rapat kali ini juga dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui perkembangan pencapaian penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia (P5HAM) di daerah.

Serta mendorong dan memberikan pemahaman yang baik bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan tanggung jawab melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Turut serta hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini, Biro Hukum Setda Prov Babel, Bagian Hukum Setda Prov Babel, Bappeda Prov Babel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Babel, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Babel, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Babel dan Pejabat Administrator Kanwil Kemenkumham Babel.

Sedangkan, Koordinator dan Subkoordinator Kerja Sama RANHAM Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM RI, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala BAPPEDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didapuk sebagai Moderator dalam rapat koordinasi dan evaluasi capaian dan pelaksaan aksi HAM dan persiapan penilaian kriteria Kabupaten/Kota peduli HAM Tahun 2022 ini.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.