Hadiri Rakor Pencegahan Korupsi Terintegrasi, Ketua DPRD Babel Sampaikan Hal Ini

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan kepala daerah se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bergandeng tangan mewujudkan pemerintahan Babel Raya yang adil, makmur, tanpa korupsi.

“Tujuan koordinasi ini adalah supaya kita satu visi yang sama yaitu Babel Raya. Kedua untuk memahami posisi dan konsisten dengan posisi masing-masing, dan ketiga saling menguatkan,” ujar Ghufron dalam Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan pemda se-Provinsi Babel, di Kantor Gubernur Babel, Selasa (08/03/2022)

Dalam kegiatan ini, KPK juga memberikan apresiasi kepada tiga pemda yang memperoleh skor Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi se-Babel, yaitu Pemkab Bangka Tengah (76,2%), Pemkab Bangka (75,9%), dan Pemprov Kep. Babel (72,6%) yang meraih skor di atas rata-rata skor  pemda di Babel, yaitu 61%.

Ghufron menyampaikan bahwa skor MCP menggambarkan komitmen dan keseriusan pemda melakukan langkah-langkah pencegahan. Namun demikian, katanya, pemda tidak boleh berhenti pada capaian skor semata. Menurutnya, skor MCP adalah angka-angka administrasi yang merupakan ikhtiar pemda. Tugas pemda untuk mengelola anggaran dan membelanjakannya secara transparan dan akuntabel.

“Serta memastikan bahwa setiap rupiah yang dihimpun dari rakyat dikelola dan digunakan untuk kepentingan rakyat,” tegas Ghufron.

Nasehat serta himbauan yang disampaikan Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron turut mendapat respon yang baik dari Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi yang juga hadir dalam kegiatan ini.

Dijelaskan Herman, bahwa hal ini bertujuan untuk mengetahui tata cara terbaik dalam menjalankan Pemerintahan yang baik dan benar, khususnya di negeri serumpun sebalai.

“Nasehat dari pak Ghufron (Wakil Ketua KPK RI-red) dan kawan-kawan ini untuk kita semua, agar kita tidak salah, baik secara administrasi dan regulasi dalam kita menyelenggarakan Pemerintah di Babel ini. juga tadi disampaikan oleh beliau secara baik dari penanganan sampai dengan pengawasannya,” ungkap Ketua DPRD Babel.

Ia juga menegaskan, bahwasannya sebagai lembaga, DPRD Babel selalu menjalani koordinasi yang baik dengan seluruh Forkopimda di Babel.

Lebih lanjut, Herman juga berharap dengan terjalinnya komunikasi yang baik ini dapat menjadikan Babel sebagai daerah yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Kami dari lembaga DPRD Babel dalam hal ini selalu menjalin koordinasi yang baik dengan Gubernur dan seluruh Forkopimda. sehingga kita berharap insyaallah dari hari ke hari kedepan Provinsi Babel menjadi Provinsi yang semakin baik, tentunya kita aminkan dari doa pak Ghufron (Wakil Ketua KPK RI-red) tadi, menjadikan Babel sebuah Provinsi yang kita inginkan menjadi Babel Raya, Bangka belitung yang memberikan kesejahteraan kepada masyatakatnya,” pungkas Ketua DPRD Babel.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.