Melalui Sosialisasi Program OPINI, WNA dan WNI Bisa Dapat Informasi Yang Jelas Terkait Kehilangan Kewarganegaraan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dalam rangka pelaksanaan tugas Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dam HAM (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel) bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM dalam bentuk OPINI (Obrolan Peneliti).

“Kantor wilayah sebagai unit kerja perpanjangan Kementerian Hukum dan HAM di daerah memilki peran penting dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Balitbang Hukum dan HAM sesuai dengan Permenkumham Nomor 41 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenkumham,” jelas Kakanwil Kemenkumham Babel T Daniel L Tobing dalam sambutannya, di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Kamis (24/03/2022)

“yang salah satunya terkait dengan melakukan sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan Hukum dan HAM kepada pemangku kepentingan (stakeholders) agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan atau data dukungan dalam perumusan kebijakan maupun penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan oleh pemerintah pusat/daerah,” sambungnya.

Sementara itu, Sebagai bentuk dukungan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu WNI dan WNA dalam memperoleh kejelasan informasi.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan OPINI ini, masyarakat baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) bisa mendapatkan informasi kejelasan yang sejelas-jelasnya sehingga manakala kehilangan kewarganegaraannya, dengan mudah mendapatkan layanan Kembali dari negara,” ungkap Sri.

Untuk diketahui, Peserta yang melakukan registrasi pada kegiatan OPINI ini sebanyak lebih dari 1500 pendaftar dan jumlah partisipan yang mengikuti acara ini melalui Zoom sebanyak 970 orang dan selebihnya mengikuti kegiatan OPINI ini dari Live Streaming pada Youtube Kanwil Kemenkumham Babel (https://youtu.be/uupaVKkWJWc).

Lebih lanjut, Mengakhiri kegiatan, Kepala Kantor Wilayah yang diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dulyono, memberikan Closing Statement.

“Diharapkan dalam kegiatan Obrolan Peneliti (OPINI) ini dapat memberikan pemahaman terkait dengan substansi dan obyek penelitian kepada masyarakat,” pungkas Dulyono.

Terdapat 3 (tiga) narasumber yang ahli di bidangnya yang menyampaikan materinya pada diskusi OPINI ini, narasumber-narasumber tersebut adalah :

Muhaimin, S.H., M.H dari Balitbangkumham (Peneliti Muda)
Asyraf Suryadin, M.Pd dari Dinas P3ACSKB (Kepala Dinas)
Derita Prapti Rahayu, S.H., M.H (Dekan Universitas Bangka Belitung)

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.