Pasca Aturan Mudik Dilonggarkan, Dishub Prediksi Pemudik di Babel Akan Mengalami Peningkatan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) memprediksikan pemudik pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah mendatang, akan mengalami kelonjakan ataupun peningkatan.

Hal itu menyusul adanya kelonggaran dari pemerintah pusat terkait aturan mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

“Kalau kita melihat sekarang tetap ada (kelonjakan), didominasi kendaraan pribadi, karena banyak pegawai yang pulang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Pelayaran Dishub Provinsi Babel, Nadirsyah kepada awak media, di Pangkalpinang, Senin (4/4/2022).

Dikatakan Nadirsyah, pihaknya memprediksikan kelonjakan penumpang akan terjadi di tiga pelabuhan di Babel yakni di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Tanjung Pandan Belitung, dan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang.

Namun, khusus di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok diprediksikan bakal terjadi kenaikan penumpang yang lebih tinggi ketimbang pelabuhan lainnya.

“Kalo pelabuhan itu satu paling melonjak, Pelabuhan Tanjung Kalian, karena pintu keluar kita ini baik ke Lampung, Bengkulu, Jambi Palembang dia lewat Tanjung Kalian semua, bisa juga dari Pelabuhan Pangkalbalam ke Jakarta, tapi umumnya Tanjung Kalian,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, pihaknya juga memprediksikan akan terjadi kelonjakan pemudik dengan adanya pembolehan mudik oleh pemerintah.

Hal itu kata Mikron, dilihat dari tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 Booster, di mana vaksinasi booster ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti mudik tanpa tes negatif Covid-19.

“Di sini ditandai meningkatkannya animo masyarakat untuk divaksin Booster, artinya di situ kelihatan keinginan masyarakat untuk pulang kampung (mudik),” kata Mikron.

Lanjutnya, Satgas Covid-19 Babel bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang juga akan tetap turun ke lapangan guna memantau situasi mudik nanti.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.