Masa Jabatan Gubernur Berakhir Mei Mendatang, DPRD Babel Apresiasi Segala Capaian Bagi Negeri Serumpun Sebalai

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung menggelar rapat paripurna terkait pengumuman usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2017-2022 di ruang Paripurna DPRD Babel, Kamis (07/04/2022)

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengatakan pemberhentian Kepala Daerah ini, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131/2188/OTDA tanggal 24 Maret 2022 perihal usul pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Dengan mempedomani amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 78 ayat (1) huruf C dan ayat (2) huruf A, bahwa kepala daerah atau wakil kepala daerah diberhentikan karna berakhir masa jabatannya,” kata Herman.

Terkait aturan ini, Lanjut Herman, dengan mempedomani peraturan DPRD tentang tata tertib sebagaiman yang telah di atur dalam ketentuan Pasal 23 Huruf E, bahwa salah satu kewenangan DPRD adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Menteri untuk mendapatkan pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian.

“Kami atas nama DPRD Babel mengusulkan pemberhentian saudara Erzaldi sebagai Gubernur dan Abdul Fata sebagai Wakil Gubernur, untuk selanjutnya dapat di Proses lebih lanjut mempedomani peraturan dan perundang-undangan,” tutur Ketua DPRD Babel.

Lebih lanjut, Herman juga menyampaikan apresiasi atas apa yang telah di kerjakan Gubernur Babel beserta Wakil setelah selama 5 tahun menjabat.

“Tak terasa 5 tahun menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur akan segera berakhir pada 12 Mei 2022 yang akan datang, telah banyak yang dikerjakan, dikaryakan, dan di baktikan oleh saudara Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah memberikan warisan terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan bumi serumpun sebalai,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.