BeritaDaerahKriminalNasional

Tipu Keluarga, Polwan Gadungan Ini Diamankan Ditreskrimum Polda Babel

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kep. Bangka Belitung berhasil mengamankan seorang wanita berinisial SZ yang diduga melakukan penipuan terhadap keluarganya sendiri.

Dalam hal ini, Dir Reskrimum melalui Kabid Humas Polda Kep. Bangka Belitung Kombes Pol A. Maladi mengatakan Wanita berinisial SZ ini melakukan penipuan terhadap keluarganya sendiri dengan mengaku diterima menjadi anggota Polisi Wanita (Polwan).

Dijelaskan Maladi, Penangkapan tersebut bermula dari adanya laporan dari paman dan orangtua terduga, pada tanggal 11 April 2022 kemarin.

“Keluarga termasuk SZ ini melapor ke Polda atas dugaan penipuan oleh beberapa orang yang menawarkan SZ untuk menjadi Polwan,” jelasnya dalam keterangan pers, Rabu (13/04/2022)

Berdasarkan keterangan pelapor, mereka mengakui bahwa telah mentransfer uang sejumlah kurang lebih Rp50 juta ke beberapa nomor rekening.
Uang tersebut diakui mereka dikirimkan dan digunakan untuk meloloskan SZ sebagai anggota Polwan dan biaya selama mengikuti pendidikan.

Namun karena merasa janggal dengan keterangan tersebut, Tim Opsnal dan penyidik kembali memanggil dan melakukan introgasi terhadap mereka.

“Setelah dilakukan pendalaman terhadap laporan tersebut, ternyata terungkap bahwa SZ inilah yang mengarang dan merekayasa cerita seolah-olah dia sudah diterima menjadi polwan kepada orangtua dan pamannya,” ungkap Kombes Pol Maladi.

Kombes Pol Maladi menyebutkan aksi tersebut dilakukan SZ ini dengan alasan merasa malu dan depresi karena sering dibully temannya dan juga tidak ingin mengecewakan orang tuanya dan keluarganya.

Selain itu, untuk lebih meyakinkan keluarganya, SZ juga pernah menggunakan seragam Polri yang dibelikannya melalui online.

“SZ ini memang pernah mendaftar Polri di tahun 2021, namun tidak lolos. Akhirnya timbul niat begitu karena tidak mau mengecewakan keluarganya,” ujar Kabid Humas Polda Babel

Sementara itu, agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali kepada masyarakat lainnya, Polda Babel menyampaikan himbauan agar tidak percaya dengan oknum-oknum yang menawarkan diri bisa meloloskan diri untuk menjadi anggota Polri.

Terlebih saat ini, Polri juga saat ini sedang melaksanakan rekrutmen atau penerimaan Polri tahun 2022.

“Kita sampaikan bahwa masuk Polisi tidak bayar, jangan mudah di bohong. Intinya ikuti Prosedur dan aturan yang berlaku,” pungkas Maladi.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *