Tahun Ini, CJH Berusia Diatas 65 Tahun Dipastikan Tak Bisa Berangkat Menuju Makkah

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Calon Jamaah Haji (CJH) lanjut usia (Lansia) yang berusia lebih dari 65 Tahun terhitung pada 30 Juni 2022 nanti, dipastikan tak bisa berangkat menuju Tanah Suci Makkah tahun ini.

Dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Babel, Tumiran Ganefo, bahwa hal tersebut disampaikan berdasarkan peraturan yang di lontarkan langsung oleh Kerajaan Arab Saudi.

“Jadi khusus untuk tahun ini jamaah haji tahun 1443 Hijriyah itu adalah untuk yang berumur 65 tahun ke bawah, itu kebijakan Arab Saudi,” jelasnya kepada awak media, Selasa (17/05/2022).

Selain itu, Sebanyak 483 calon jamaah haji (CJH) asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun ini, yang dijadwalkan pada 14 Juni 2022 mendatang.

“Kami baru koordinasi dengan embarkasi kalo keberangkatan tingkat nasional di mulai 4 Juni, cuma untuk CJH Babel diperkirakan sekitar 14  Juni ke atas,” ungkap Tumiran.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan, diwajibkan para CJH mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis 1,2 dan 3, bagi yang tidak ada halangan untuk vaksinasi.

Masih di suasana Pandemi Covid-19 ini, lanjut dia, untuk kuota CJH Babel tahun ini setengah dari biasanya, untuk itu pihaknya meminta CJH yang belum bisa berangkat tahun ini agar bersabar.

“Kebijakan ini bukan dari negara Indonesia, tapi semua dari Arab Saudi. Lalu Provinsi kita ini menjadi embarkasi dan embarkasi transit, artinya selama pelaksanaannya jamaah kita tidak istirahat di Palembang,” terangnya.

“Jadi istirahatnya di Asrama Haji kita Babel, berangkat ke Palembang istirahat sesaat kemudian langsung berangkat ke Arab Saudi maka seluruh administrasi dan yang lain diselesaikan di Embarkasi Babel seperti pembagian identitas, uang saku, dan lainnya,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.