Berkordinasi Dengan BPTP, PJ Gubernur Berencana Tanam Komoditas Pertanian di Lahan Eks Tambang

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka (Babel) Ridwan Djamaluddin berencana akan melakukan penghijauan lahan pasca tambang dengan tanaman komoditas pertanian.

Dikatakan oleh Ridwan Djamaluddin, bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), terkait jenis komoditas pertanian apa yang akan ditanamkan tersebut.

“Kita akan hijau kembali lahan-lahan pasca tambang, kalo ada perusahaan yang bertanggungjawab akan ditangani oleh perusahaan. Kalo yang sudah ditinggal tembang ilegal akan ditangani oleh pemerintah,” kata Ridwan, usai menghadiri acara lepas sambut Kepala BPTP Babel dari Suharyo kepada Agus Wahyana Anggara di Aula BPTP Babel, Kamis (19/5/2022).

“Jenis-jenis tanaman yang bagus itulah yang kami butuhkan masukan dari pakar. Segera,” pungkas Ridwan yang juga Dirjen Minerba Kementerian ESDM ini.

Sementara, Kepala BPTP Babel, Agus Wahyana Anggara mengatakan, pihaknya sangat mendukung keinginan Pj Gubernur Babel tersebut.

Menurut Agus, komoditas pertanian yang cocok ditanam di lahan eks tambang tersebut yakni sorgum, karena saat ini kebutuhan gandum sangat tinggi.

“Itu bisa kita mulai dari sorgum ini dan ini sudah terbukti dari beberapa tempat bisa menjadi remember lahan eks tambang. Yang lain kita kata berkoordinasi dengan temen-temen dari perkebunan maupun dari holtikultura tanaman apa yang bisa masuk di sana,” kata Agus.

Agus menambahkan, sebagai Kepala BPTP Babel yang baru ia akan melaksanakan tusi dan tupoksi BPTP sebagai instansi vertikal Kementerian Pertanian di daerah.

“Kami adalah salah satu unit yang melaksanakan hilirisasi teknologi, utamanya kita sinergikan dengan prioritas PJ Gubernur Babel tadi,” katanya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.