Gernas BBI, Momentum Kebangkitan UMKM

Bagikan Berita

Belitung,BERITACMM.com

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin mengajak seluruh elemen untuk mengimplementasikan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Bukan hanya menjadi formalitas saat diluncurkan, namun diharapkan penggunaan produk dalam negeri adalah gerakan dan kampanyenya dapat terlaksana baik.

“Ini esensi yang ingin kita perluas, dengan mulai secara aktif menggunakan berbagai produk lokal. Mari kita saling memberikan semangat, saling berkolaborasi, dan saling bersinergi demi Indonesia yang lebih baik menuju era ekonomi baru,” ajaknya saat memberikan sambutan dalam peluncuran Gernas BBI di Pendopo Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Jumat (20/05/2022).

Tahun ini, Babel terpilih menjadi tuan rumah perhelatan Gernas BBI 2022. Gernas BBI yang digelar mengusung tagar Cahaya Bangka Belitung dan bertema Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia.

Pj Gubernur mengatakan bahwa dalam waktu dekat pemerintah akan mendorong UMKM Indonesia untuk lebih maju ke depan. Salah satunya lewat pelaksanaan belanja pemerintah melalui e-Katalog yang berisi daftar produk Indonesia.

Maka secara khusus, pada kesempatan ini dirinya juga mengajak kepada para pelaku usaha UMKM, untuk mulai bergabung dalam ekosistem ekonomi digital. salah satunya adalah dengan bergabung dalam e-katalog yang dibuat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah agar nantinya dapat mendukung pemerintah memaksimalkan penggunaan produk-produk dalam negeri.

Hal tersebut baginya merupakan bentuk nyata upaya aktif dalam mengkampanyekan sistem pembayaran non tunai atau yang dikenal dengan cashless, karena di era digitalisasi saat ini, perkembangan transaksi jual beli sangat aktif pada toko daring.

Melalui Gernas BBI 2022 di Babel, harapannya menjadi usaha kuat untuk memperkenalkan semua produk-produk lokal UMKM. Maka para generasi milenial khususnya, menjadi besar perannya dapat mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan turut berkontribusi berbelanja produk dalam negeri.

“Kepada anak-anak muda, ayo dong gunakan dan kampanyekan produk lokal,” ajaknya pada generasi muda.

Sementara Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga yang hadir mengenakan kemeja cual khas Babel menuturkan bahwa keberpihakan terhadap produk-produk lokal khususnya produk UMKM harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gernas BBI dikatakannya, tidak sekedar menjadi slogan, tetapi harus diimplementasikan dalam keseharian.

“Implementasikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, tidak hanya sebagai slogan. Kita yakin dan percaya, untuk memajukan produk-produk lokal, kita gunakan produk-produk itu. Jangan hanya slogan, tapi kita praktekan dalam kegiatan sehari-hari,” ungkapnya.

Wamen Jerry menilai, kebijakan ini akan sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM dalam negeri. Pasalnya, mereka diberikan akses untuk ikut terlibat dalam proses pengadaan melalui tender atau lelang di lingkungan pemerintah.

“Seluruhnya harus bahu-membahu untuk menyukseskan program ini di mana pun berada. Kita harus bergotong-royong mengarahkannya untuk produk dalam negeri,” ungkapnya.

Dalam acara puncak Gernas BBI 2022, juga disampaikan apresiasi kepada UMKM, peresmian pasar digital, warung digital, pelepasan ekspor UMKM, fashion show, dan fashion on the beach, serta hiburan dari Band Nidji.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.