Kunjungi Desa Sukal, Koorsahli Koarmada 1 Apresiasi Kemajuan KBN Binaan Lanal Babel

Bagikan Berita

BangkaBarat,BERITACMM.com

Koorsahli Koarmada 1 Laksamana Pertama TNI Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P., CHRMP akhirnya menginjakan kakinya di Negeri Serumpun Sebalai.

Tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sekitar pukul 10.00 WIB, Laksamana Pertama TNI tersebut langsung melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Kabupaten Bangka Barat.

Didampingi Danlanal Babel Letkol Laut (P) Dadan Hamdani, M.Tr.Hanla.,CTMP., CRMP.,CIQAR bersama Bupati Kab. Bangka Barat H. Sukirman, SH dan unsur Forkopimda lainnya, TNI Tresna turut meninjau progres kemajuan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa binaan Lanal Babel yang berada di Dusun Sukal
Desa Belo laut Kab. Bangka Barat, Senin (23/05/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Kab. Bangka Barat H Sukirman mengatakan, Dusun Sukal yang telah ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) sejak September 2020 yang lalu oleh Kepala staf TNI AL, juga turut di launching oleh Bapak gubernur Provinsi Kep. Babel bersama Danlanal Babel.

“Seperti kita ketahui bersama KBN dusun Sukal memiliki beberapa cluster yang sekaligus merupakan indikator keberhasilan dalam mewujudkan Kampung Bahari Nusantara yang telah dirintis oleh TNI AL,” ungkap Sukirman.

Adapun KBN Sukal memiliki beberapa cluster antara lain cluster pendidikan, dimana Pemkab Babar sudah melakukan pembangunan rumah pintar yang berada di komplek SD sukal.

Selain itu, Cluster Kesehatan, dalam hal ini Pemkab Babar telah melatih para kader kesehatan dan telah membentuk pos pelayanan terpadu yang dapat memberikan pemeriksaan kesehatan secara mandiri kepada masyarakat dan dapat memberikan deteksi dini terhadap keluhan masyarakat dusun sukal.

Lanjut Sukirman, Cluster Kelautan dan Perikanan,  yang merupakan sektor unggulan dari KBN sukal khususnya budidaya kerang darah dan kepiting bakau yang di olah langsung oleh masyarakat Dusun Sukal.

Terakhir, dikatakan Sukirman, yakni Cluster Pariwisata Pemkab Babar yang telah memfasilitasi terbentuknya kelompok kerja sadar wisata yang merupakan cikal bakal pengelolaan destinasi wisata yang ada di dusun Sunggal.

“Adapun potensi wisata alam yang pertama adalah wisata karang berang-berang yang memiliki panorama bawah laut yang indah, terdiri dari karang yang asri dan biota-biota laut yang masih terjaga. Hamparan hutan mangrove yang masih asri yang didalamnya ada aneka fauna, kedepannya akan kita kelola menjadi wisata mangrove,” pungkas Bupati Pemkab Babar ini.

Sementara itu, Koorsahli Koarmada 1 mengatakan, sangat mengapresiasi cluster-cluster di Dusun Sukal yang telah aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan melalui cluster KBN untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah.

“Hal ini berkat kerjasama yang baik antara Pemkab Bangka Barat dan pihak TNI AL melalui Lanal Babel, guna mengolah secara maksimal Sumber Daya Alam yang dimiliki dalam rangka mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat pesisir,” ujar Laksamana Pertama TNI Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P., CHRMP.

Lebih lanjut, Kunjungan kerja Kapok Sahli Koarmada I diawali dengan penyambutan kedatangan oleh tarian adat, penyerahan bantuan alat tangkap, mesin tempel dan sembako kepada masyarakat dusun Sukal dan dilaksanakan kunjungan ke cluster pendidikan meninjau rumah pintar yang berada di SD dusun Sukal.

Hadir dalam kegiatan Kapok Sahli Koarmada I dan rombongan, Danlanal Babel, Bupati Kab. Babar, Dandim 0431/BB, Kapolres Bangka Barat, Para Kepala OPD Kab. Babar dan Perwira staf Lanal Babel.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.