Pemprov Babel Raih Opini WTP Kelima, Diharapkan Sebagai Upaya Mewujudkan Kualitas Kompetisi dan Kinerja

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Kelima kalinya. atas laporan keuangan Pemprov Babel tahun anggaran 2021.

Demikian hal tersebut disampaikan langsung oleh PLT BPKP Bangka Belitung Dr. Arman Syifa, saat menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemprov Babel tahun anggaran 2021, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Rabu (08/06/2022).

“BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemprov Babel tahun anggaran 2021,
Dengan paragraf penekanan atas permasalahan pengelolaan kas pengeluaran bendaraha Dinkes senilai 1,289 Miliar, yang saat ini dalam proses penanganan aparat hukum dan majelis tuntutan perbendaharaan BPK RI,” ungkap Arman.

Dalam hal ini, Arman mengatakan atas permasalahan tersebut, pihaknya telah melakukan koreksi atas penyajian Kas pada neraca itu.

“Sehingga tidak mempengaruhi kewajaran atas laporan keuangan,” Kata PLT BPKP Babel ini.

Sedangkan, Pada kesempatannya, Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin menyadari bahwa sepenuhnya dalam pengelolaan keuangan daerah memang memerlukan proses yang tidak mudah.

“Sebagai manusia kami juga tidak luput dari kesalahan dan kehilafan, untuk itulah kami mohon maaf sebesar-besarnya masih terdapat kekurangan,” ujar Putra Daerah asal Muntok ini.

Lanjut, menurut Ridwan, Hal yang paling pokok dari pertaggungjawaban keuangan ini adalah sebagai upaya kompleks dan niat baik Pemprov Babel dalam mewujudkan Transapransi dan Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan dengan prinsip keadilan dan kepatuhan.

“Dalam mengalokasikan anggaran serta secara efektif, effisien, dan bertanggung jawab sehingga hasilnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat,” pungkas Pj Gubernur Babel.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, mengucapkan rasa syukurnya karna dapat meraih Opini WTP untuk kelima kalinya.

Oleh karna itu, Ia pun mengajak seluruh instansi pemerintah agar dapat memaknai pencapaian tersebut sebagai upaya bersama dalam mewujudkan peningkatan kualitas kompetisi dan kinerja.

“Kami mengucapkan terimakasih ke semua pihak sehingga Opini WTP ini kita terima, kita harus bekerja lebih keras lagi karna ini harus terus menerus kita pertahankan sebagai pertanggungjawaban moral kepada konstitusi juga terhadap rakyat,” tutup Herman.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.