RD Beri Kejutan, Aon Ditunjuk Sebagai Ketua Satgas Penambangan Timah Illegal!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin menunjuk salah satu bos besar yang ada di Negeri Serumpun Sebalai bernama Aon sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penambangan Timah Illegal.

Penunjukan Aon sendiri berdasarkan hasil rapat pembentukan satgas bersama hampir seluruh pemilik perusahaan tambang timah di Babel, yang berlangsung di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Bangka Belitung, Minggu (19/06/2022).

Hal ini tentunya cukup mengejutkan, lantaran biasanya sebuah satgas selalu diisi oleh aparat penegak hukum karna tugasnya dalam upaya pencegahan tindakan melawan hukum. Berbeda kali ini, Ridwan menetapkan seorang ‘bos’ di perusahaan swasta sebagai Ketua Satgas dengan dalih agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara saksama.

“Saya ingin agar mengurusi masalah ini tidak ditangani oleh Pemerintah saja kita melibatkan masyarakat juga. Satgas ini untuk pelaksana. Untuk pengarahannya tetap dari Pemerintah,” ujar Ridwan usai rapat tersebut.

“Intinya beliau-beliau harus ikut menjaga sama-sama, mereka lebih tau dilapangan la yah,” sambungnya.

Lanjut, terkait dengan regulasi pelaksanaan tugas Satgas Penambangan Timah Illegal, Ridwan menuturkan secara prinsip akan tetap mengikuti regulasi yang ada.

Disampaikan Ridwan, pihaknya juga akan melaksanakan rapat lanjutan guna memastikan anggota dan pemantapan dari regulasi itu sendiri.

“Secara prinsip kita ikuti regulasi yang ada. Secara operasional nanti tim dan satgas ini akan bekerja dilapangan memetakan masalah illegalnya ini seperti apa sebenarnya,” ujarnya.

“Tadi misalnya, sulit mengurus izin kita selesaikan, hal-hal seperti itu akan kita rumuskan sama-sama, yang pasti saya ingin agar tidak ada pembelian pasir timah yang ditambang secara illegal,” pungkas Mantan Dirjen Minerba tersebut.

Sementara itu, ketua pelaksana terpilih, Aon memilih untuk enggan memberikan banyak komentar kepada para awak media yang berusaha untuk mewancarainya.

Karna menurut Aon, saat ini dirinya belum benar-benar mengetahui tupoksi serta regulasi yang akan dilakukan. oleh karna itu, pihaknya juga akan mengikuti rapat lanjutan bersama Pj Gubernur serta unsur forkopimda terkait hal tersebut yang rencannya akan dijadwalkan pada malam ini.

“Nanti ya, kita akan rapatkan dulu malam ini,” singkatnya sembari meninggalkan para awak media.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.