UBB Tambah Lima Program Studi Baru, Apa Saja? Ini Penjelasannya

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Sejalan dengan reformasi kebijakan pendidikan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui kebijakan Merdeka Belajar dalam bidang pendidikan tinggi yakni “Kampus Merdeka”.

Perguruan Tinggi Indonesia dituntut untuk peka dan cepat tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, mampu memberikan terobosan dan inovasi, serta mampu menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang andal dan siap untuk bersaing dalam dunia kerja baik secara global dan nasional.

Oleh karna itu, Universitas Bangka Belitung (UBB) kini juga telah menambahkan lima (5) program studi baru, dimana empat (4) diantaranya sudah memiliki izin dan sudah terdaftar di SMMPTN sehingga dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Adapun keempat program studi baru tersebut yakni, program studi perencanaan wilayah kota, program studi S1 arsitekur, program studi perikanan tangkap, dan program studi teknologi informasi.

“Lalu ada satu lagi program studi yang dinyatakan memenuhi syarat tapi SK-nya sedang kita tunggu keluar yaitu program studi bisnis digital,” ungkap Rektor UBB, Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si kepada beritacmm.com, Kamis (23/06/2022).

“Sehingga ada 5 program studi baru yang kita harapkan bisa segera kita buka untuk penerimaan jalur mahasiswanya dan insyaallah 5 program studi baru ini juga akan mulai dilaksanakan kuliahnya pada semester gasal dibulan agustus yang akan datang,” lanjutnya.

Dikatakan Ibrahim, saat ini pihaknya sedang  mempersiapkan penerimaan khusus jalur mandiri bagi program studi baru tersebut, yang saat ini tidak semuanya bisa terakomodir di SMMPTN Wilayah Barat yang dimana untuk pendaftarannya saat ini sedang berlangsung dan akan ditutup pada akhir bulan juni nanti.

“sehingga nanti UBB akan membuka  program penerimaan mahasiswa khusus untuk program studi baru yang dimaksud, mungkin akan kita buka dalam waktu dekat dan akan kita umumkan (waktunya-Red),” beber Rektor UBB ini.

Selain itu, UBB juga menerima pendaftaran jalur Vokasi yang saat ini masih berlangsung untuk Diploma Tiga (3) Keperawatan yang merupakan hasil penyatuan dari Akper Pangkalpinang dengan Universitas Bangka Belitung.

Untuk diketahui, Jalur Vokasi adalah jalur seleksi yang dibuka oleh Telkom University khusus untuk Program Diploma (D3). Seluruh siswa SMA/ SMK/ MA dapat mendaftar pada Jalur Vokasi hanya menggunakan Nilai Rapor.

“Saat ini sudah berjalan gelombang kedua (Pendaftarannya-Red), memang tidak terintegrasi karna penerimaannya memang terpisah untuk tahun ini, untuk tahun berikutnya nanti kita akan mengikuti ketentuan dari Direktur Jendral Vokasi,” kata Ibrahim.

Lebih lanjut, terkait dengan penerimaan program studi S2, Ibrahim menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah membuka pendaftaran hingga minggu kedua bulan juli 2022.

Adapun jurusan yang sudah tersedia khusus program studi S2 yaitu program studi magister ilmu hukum, program studi megister pertanian dan program studi management.

“Tiga program studi S2 yang saat ini ada insyaallah akan mulai kuliah juga ditahun ini pada semester gasal yang akan datang,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.