Dewan Pengurus IPKEMINDO Wilayah Babel Periode 2021-2024 Resmi Dikukuhkan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pangkalpinang melaksanakan Pengukuhan Pengurus Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Wilayah Kep. Babel Periode 2021-2024, di Hotel Cordela Pangkalpinang, Selasa (28/06/2022).

Dewan Pengurus Pusat IPKEMINDO yang merupakan Pejabat Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Utama unit pusat Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham RI yakni Drs. Tarsono, Bc.IP, M.Si dan Dr. Bambang Sumardiono, Bc.IP, SH, M.Si mengukuhkan pengurus IPKEMINDO Wilayah Kep.Babel periode 2021-2024, yakni Sissi Annatasia Rosalina selaku ketua, Suandi sebagai sekretaris, dan Ari Yulian sebagai bendahara, yang ketiganya merupakan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang sehari-harinya bertugas di Bapas Pangkalpinang.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh PK Ahli Utama Tarsono, disampaikan dalam sambutannya bahwa Ipkemindo merupakan sebuah Organisasi yang menaungi profesi jabatan fungsional pembimbing kemasyarakatan sesuai dengan amanat Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2016 tentang Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan dan Permenpan RB Nomor 23 Tahun 2016 tentang Jabatan Fungsional Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK). Tarsono menyebutkan bahwa Ipkemindo merupakan wadah baik bagi PK maupun APK untuk mendiskusikan berbagai permasalahan di lapangan saat melaksanakan tugas. Ipkemindo sendiri pertama kali dibentuk pada tahun 2013 dan sudah berjalan selama 3 periode.

Lebih lanjut, Tarsono mengutip perkataan Mahatma Gandhi, “Orang yang berhasil adalah orang bekerja dengan cara, orang yang gagal bekerja dengan alasan”. Tarsono berharap bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, PK dan APK lebih mengedepankan Profesionalitas dengan cara dan metode yang terstruktur dalam bekerja.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kep.Babel yang diwakili oleh Kadivpas Wilayah Babel, Agus Irianto, Bc.I.P., S.H., M.Si. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa Ipkemindo dibentuk sebagai jawaban atas tantangan pemasyarakatan yang semakin dinamis. Kanwil Kepulauan Babel menjawab tantangan tersebut dengan membentuk panitia pembentukan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ipkemindo melalui Musyawarah Luar Biasa Wilayah tahun 2021 Ipkemindo Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 26 Februari 2021.

“Saya harap setelah pengurus Ipkemindo dikukuhkan, akan dapat menjadi role model yang baik bagi para JFT PK dan APK agar dapat saling bersinergi berbagi pengetahuan dan meningkatkan keterampilan, serta dapat menjadi wadah penggerak dalam menjalankan Tugas dan Fungsi PK sebagai pikar ujung tombak Pemasyarakatan” tutup Agus dalam sambutannya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.