Uncategorized

Direktorat Polairud Polda Babel Amankan 10 Penambang Timah Ilegal Di Perairan Mengkubung

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Sepuluh orang yang diduga terkait dengan kegiatan Penambangan tanpa izin di perairan Mengkubung, Dusun Mengkubung Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka berhasil diamankan Direktorat Polairud Polda Kep. Bangka Belitung.

Kabid Humas Polda Kep. Bangka Belitung Kombes Pol A. Maladi mengatakan penangkapan sepuluh orang dilakukan Direktorat Polairud pada Rabu malam.

“Ke 10 orang ini diamankan pada saat penertiban TI Jenis Selam di perairan mengkubung dan ini juga menindaklanjuti adanya laporan dari masyarakat terkait aktivitas tambang ilegal di Perairan Mengkubung,”kata Kabid Humas, Kamis (7/7/22).

Maladi menerangkan, kronologis berawal sekira pukul 20.00 Wib Personil Kapal Patroli 2001 dan 2007 Dit Polairud berangkat dari Pos Pangkalan Sandar.

Lanjutnya, sekira pukul 20.30 Wib, Personil Kapal Patroli 2001 dan 2007 mendapati 10 (sepuluh) orang laki-laki sedang melakukan kegiatan aktivitas penambangan di perairan Mengkubung tersebut.

“Jadi pada saat diamankan ini, mereka-mereka berada pada ponton berbeda, ada 2 ponton. Ponton pertama yang diamankan Jo, Im, Ko dan De. Ponton kedua yang diamankan AP, Fr, As, Ra dan Su. Untuk 1 orang lainnya Na masih berstatus saksi,” terangnya.

Selain mengamankan 10 orang tersebut, Direktorat Polairud juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni 2 (dua) unit Ponton Jenis Selam dan 40 (empat puluh) Kilogram pasir timah.

“Dari hasil perkara, sementara ini para penambang yang diamankan dapat dipersangkakan melanggar Pasal 158 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara,”ujar Kabid Humas Kombes Pol Maladi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *