ASN Jangan Gaptek

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) berharap penyelenggara pemerintahan di masa mendatang harus berisikan aparatur yang profesional dan handal seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat.

Hal itu di sampaikan Sekda Naziarto saat membuka kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan IV dan V di Lingkungan Pemprov. Kep. Babel yang berlangsung di Gedung Graha Natar Praja BKPSDMD, Rabu (13/07/22).

Menurut Sekda, di era revolusi industri 4.0 dan menuju era baru Indonesia Emas 2045, setiap pelaku penyelenggara pemerintahan dan pembangunan untuk berkompetisi menunjukan kinerja yang optimal dalam pelaksanaan pembangunan.

Sehingga dirinya berharap melalui pelatihan ini dapat menghasilkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional dan berkarakter berdasarkan pada nilai-nilai dasar (core values) dalam menjalankan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik dan perekat pemersatu bangsa.

“Kita mengharapkan para PNS ini secara pribadi bisa meningkatkan potensi diri terutama di bidang IT, karena informasi teknologi terus berkembang setiap detik, sehingga mereka harus memacu diri mereka, menguasai informasi komunikasi dan teknologi tersebut,” ujar Sekda.

Dalam kesempatan ini, ia menegaskan kepada CPNS peserta pelatihan dasar, hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja pemerintah daerah, serta mampu meringankan beban dan tugas yang menjadikan kewajiban tiap Perangkat Daerah dalam melaksanakan program-program pemerintah. Untuk itu ASN harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai kemampuan masing-masing.

Disinggung awak media terkait apakah ASN Pemprov. Kep. Babel sudah menguasai bidang IT, Sekda menilai ASN babel cukup bagus terhadap hal itu dan tidak ketinggalan dengan provinsi yang lain.

“SDM kita di Pemprov Kep Babel, saya melihat di bidang IT cukup mumpuni, buktinya selama ini apa yang kita lakukan tidak ketinggalan sama provinsi lain dan kita sering mendapatkan penghargaan di tingkat nasional,” ungkapnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa ASN kita bisa berkiprah ditingkat nasional, dan telah menorehkan berbagai prestasi dari dinas kita, baik dari BKPSDMD, BAPPEDA, dan Diskominfo Babel yang meraih peringkat 6 nasional dibidang IT, serta dinas lainnya di Pemprov Kep Babel,” tambahnya.

Sementara itu, kepala BKPSDMD Prov. Kep. Babel Susanti dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pelatihan Dasar diadakan sesuai UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN,  PP No. 17 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan pemerintah no 11 tahun 2017, dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara RI No. 10 tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Adapun jumlah peserta Diklat angkatan IV sebanyak 40 orang, yang terdiri dari peserta golongan III sebanyak 9 orang dari Pemprov. Kep. Babel dan sisanya dari Pemkot Pangkalpinang dan Pemkab Basel.

Sedangkan angkatan V berjumlah sama, namun angkatan ini adalah untuk golongan II, rinciannya terdiri dari 12 orang dari STTD dan STAN, 10 orang dari Pemkot Pangkalpinang, 7 orang dari Pemkab Basel dan 11 orang dari Pemkab Bateng.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.