Kepala BKPSDMD Babel : Honorer Akan Dialihkan Bukan Dihapuskan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan surat edaran penghapusan tenaga honorer pada 28 November 2023 mendatang.

Meski begitu, ada beberapa tenaga honorer yang mendapat afirmasi, salah satunya yaitu profesi guru. Sehingga tanpa perlu seleksi tes bisa diangkat jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Merespon rencana penghapusan honorer ini, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti menyatakan kurang sependapat dengan konotasi bahasa ‘penghapusan’ yang dilontarkan tersebut.

Karna menurutnya, para honorer ini rencananya hanya akan dialihkan, baik ke outsourcing ataupun untuk diusulkan kedalam PPPK sesuai dengan peta jabatan  yang tersedia.

“Jumlah honorer kita hampir sebanyak itu (hampir sebanyak ASN sekarang berjumlah 5759 orang-Red). Lalu bagaimana kita memetakan mereka yang bisa dialihkan ke outsourcing ataupun dari jalur PPPK bila mungkin PPPK yang dibuktikan dengan pengalaman,” terang Susanti kepada Beritacmm.com, di Kantor BKPSDMD Babel, Rabu (13/07/2022).

“Jadi ini pengalihan bukan penghapusan,” sambungnya.

Dijelaskan Susanti, bahwa berdasarkan peta jabatan, Pemprov Babel saat ini masih kekurangan ASN sebanyak 5000 orang. Menurutnya kekurangan itu bisa saja diisi oleh PPPK ataupun ASN dengan tetap menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat.

“Saat ini jumlah pegawai kita di Pemprov 5.759 orang tapi itukan data dinamis ya, Itu jumlah keseluruhan Pemprov Babel. Jadi bagaimana mengalihkan pegawai-pegawai honorer untuk di PPPK saja, sesuai dengan peta jabatan nanti bisa kita usulkan untuk formasi,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.