Popda Provinsi Babel Resmi Dibuka, Pemprov Berharap Terciptanya Atlet Berprestasi Menuju Popnas 2023 Nanti

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Sebanyak 616 atlet akan berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke-11 tahun 2022, yang berlangsung pada 18-23 Juli 2022 di Kota Pangkalpinang.

Pada Popda Provinsi Babel tahun ini sebanyak 8 cabang olahraga (Cabor) dipertandingkan yakni sepakbola, bola voli, bola basket, bulutangkis, tenis, sepak takraw, pencak silat dan tinju. Dengan medali yang diperebutkan yakni emas 37, perak 37, perunggu 67.

Perhelatan ini resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin yang diwakili oleh Asisten III Setda Pemerintah Provinsi Babel, Yunan Helmi, didampingi oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil, selaku tuan rumah, di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Senin (18/7/2022).

Dalam sambutannya, Yunan mengatakan, pembinaan dan pengembangan olahraga dilaksanakan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

Oleh karna itu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab, yang dilakukan secara sistematis melalui tahap pengenalan pemantauan pemanduan pengembangan bakat secara berkelanjutan.

“Pembinaan dan pengembangan Olahraga Pendidikan dilaksanakan dan diarahkan sebagai satu kesatuan yang sistematis dan berkesinambungan dengan sistem pendidikan nasional pembinaan dan pengembangan. Olahraga Pendidikan dilaksanakan dengan memperhatikan potensi kemampuan minat dan bakat peserta didik secara menyeluruh baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler,” ungkapnya.

Dijelaskan Yunan, pembinaan dan pengembangan olahraga sebagaimana yang dimaksud bertujuan untuk membentuk karakter, memberikan pengetahuan dasar berolahraga, meningkatkan derajat kebugaran dan kesehatan, guna menciptakan kebiasaan gaya hidup sehat dan aktif.

Lanjutnya, dalam upaya meningkatkan prestasi Olahraga Nasional pemerintah juga telah mengeluarkan undang-undang nomor 11 Tahun 2022 tentang olahragaan dan Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2021 tentang Desain besar Olahraga Nasional

“Ini merupakan acuan dalam melaksanakan pengembangan dan peningkatan rasio olahraga secara nasional dari pusat hingga daerah,” beber Asisten III Pemprov Babel tersebut.

Lebih lanjut, Ia juga berharap dengan pelaksanaan Popda XI Tahun 2022 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini akan terpilih atlet pelajar terbaik yang akan mewakili Provinsi Kepulauan itu di ajang popnas XVI tahun 2023 dan dapat meraih prestasi secara maksimal pada ajang tersebut.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.