Menkumham RI Himbau MPWN dan MKNW Untuk Tegas Dalam Pengawasan Notaris

Bagikan Berita

Denpasar,BERITACMM.com

Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H. Laoly melantik dan mengambil sumpah janji Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, T. Daniel L. Tobing dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode 2021 – 2024 dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) periode 2019 – 2022 di Westin Hotel dan Resort Nusa Dua Bali, Senin (25/07/2022).

Dalam sambutannya, Yassona H. Laoly menyampaikan bahwa pelantikan ini sebagai wujud memperkokoh penguatan pengawasan terhadap notaris-notaris di Indonesia.

“Dalam menjalankan jabatannya, Notaris tidak semata-mata hanya untuk kepentingan notaris itu sendiri,” ucapnya.

“Melainkan juga untuk kepentingan masyarakat luas agar kepastian dan perlindungan hukum kepada masyarakat sebagai pengguna jasa notaris dapat diwujudkan melalui keberadaan majelis sebagai lembaga yang mengawasi pelaksanaan jabatan notaris,” lanjut Menkumham RI.

Ia berharap Majelis Pengawas Notaris Wilayah (MPNW) dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) bisa mengambil langkah tegas dan berperan aktif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap dugaan pelanggaran jabatan yang dilakukan oleh para notaris tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Cahyo Rahardian Muzhar dalam laporan menyampaikan bahwa sebanyak 40 orang Pejabat yang akan dilantik.

Dimana perubahan susunan keanggotaan Majelis Pengawas Notaris Wilayah dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah terjadi sejalan dengan adanya pergantian pejabat/ pimpinan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.