Pemprov Babel Dorong Pembentukan BRIDA

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung terus mendorong pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Bangka Belitung.

Dalam hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan Bappeda Bangka Belitung, Rusdi Paimin mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan pembahasan dengan beberapa akademisi  perguruan tinggi di Bangka Belitung dalam pembentukan BRIDA, sesuai dengan amanat pada Perpres Nomor 78 Tahun 2021.

“Ini sebagai keinginan dari kawan-kawan kabupaten agar dibentuk BRIDA. Nanti ada semacam penelitian, kajian, penerapan dan inovasi. Kegiatan litbang atau penelitian dan pengembangan itu akan terintegrasi dalam suatu lembaga yang namanya BRIDA,” kata Rusdi kepada Beritacmm.com, di Kantor Bappeda Babel, Rabu (27/07/2022).

Dijelaskan Rusdi, Progres dari pembentukan BRIDA ini masih dalam tahap pembentukan tim percepatan dan  penyusunan proposal permohonan urgensi.

Sedangkan untuk keanggotaan BRIDA yang dibentuk pemprov ini nantinya akan melibatkan peneliti atau akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Bangka Belitung, bahkan bisa saja akademisi luar daerah.

“Kami sudah ditunggu oleh kawan-kawan BRIN (badan riset dan inovasi nasional) untuk penyusunan itu. BRIDA ini nanti akan menyampaikan masalah di daerah kepada BRIN, melalui skema pendanaan akan membantu penelitian, pengkajian dan penerapan, agar permasalahan di daerah bisa diselesaikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Bangka Belitung Prof Saparudin mengatakan para akademisi mendukung dibentuknya BRIDA Bangka Belitung.

“Kami dari akademisi tentu sangat mendukung didirikan BRIDA. Kita lihat di pusat sudah ada BRIN, gabungan riset se Indonesia. Maksud pemerintah mungkin dengan adanya gabungan dari semua lembaga riset ini maka tema riset kita jadi terfokus dan bisa menghasilkan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata pria yang kerap disapa Prof Udin ini.

Lebih lanjut, dia menyebutkan BRIDA ini penting untuk ada, sebab riset ini bisa menjadi basis untuk pembangunan daerah bahkan menghasilkan kebijakan untuk kebaikan daerah Bangka Belitung.

“Kita di Babel punya sumberdaya yang besar dari pertanian, pertambangan, yang perlu diteliti, spesifikasinya. Sehingga dengan seperti itu bisa memberi keunggulan, yang mana keunggulan itu akan memberi manfaat,” tutup Udin.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.