Banyak Kepala OPD Tak Hadir, Adet Mastur : Bagaimana Mau Menindaklanjuti Masukan dari Anggota Dewan?

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyinggung ketidak hadirannya beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Babel pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 di DPRD Babel, Jumat (29/7/2022).

Plt Ketua DPRD Provinsi Babel, Adet Mastur mengatakan, pihaknya menyinggung dikitnya kehadiran kepala OPD itu, barangkali ada masukan dan koreksi dari beberapa anggota dewan melalui fraksi ditujukan kepada OPD.

“Maksud kita dengan kehadiran mereka hari ini, mereka langsung tindak lanjut, langsung melakukan tindakan apa yang mesti harus dilakukan yang berupa rekomendasi baik yang disampaikan secara lisan maupun tulisan. Maksud kita hadir, jangan tidak hadir,” kata Adet sesuai rapat.

Adet pun lantas mempertanyakan bagaimana mau menindaklanjuti masukan dan koreksi dari anggota dewan tersebut, jika kepala OPD saja tidak hadir.

“Jadi saya pikir perlu mereka hadir karena paripurna ini adalah paripurna yang penting untuk tindak lanjut. Kalo tidak ada tindak lanjut bagaimana baik itu masalah program maupun kegiatan yang perlu dievaluasi,” ujar Politisi PDI-P ini.

Lanjut dia, dengan adanya evaluasi ini, sehingga tidak ada pelaksanaan pemerintahan daerah yang tidak mencapai target.

“Kami menganggap banyaknya Silpa untuk saat ini, berarti ada suatu salah perencanaan, yang tidak berjalan, dan masyarakat yang dirugikan. Karena masyarakat sangat menunggu pembangunan. Di samping itu dengan berjalannya program dan kegiatan (pemerintah) ini perekonomian masyarakat kita akan meningkat,” bebernya.

“Karena sumber perekonomian kita tergantung terhadap APBD, karena APBD ini bisa menciptakan dengan pekerjaan, dengan tercipta lapangan pekerjaan berarti ada uang didapat, ada uang didapat pasti mereka belanja, pasti ekonomi terimbas,” lanjutnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin, memohon maaf atas ketidak hadirannya para kepala OPD itu. Menurut dia, sebagian kepala OPD sudah ada di Belitung dalam rangka rapat kesiapan G20.

“Karena di Belitung ini penting, sejak kemarin Sekretaris Bappenas sudah hadir di sana memastikan kesiapan kita untuk G20. Jadi Kepala Bappeda, Kadishub, dan kepala dinas yang lain saat ini di Belitung. Kami minta maaf kepada pak Ketua atas ketidak lengkapan kami,” ujar Ridwan.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.