Gerakan Hijau Biru Babelku, Ridwan Djamaluddin Lakukan Penghijauan di Tahura Muntok

Bagikan Berita

BangkaBarat,BERITACMM.com

Penjabat Gubernur (Pj) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin melakukan penghijauan di hamparan lahan kritis di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Kab. Babar), Minggu (14/8/22). Penghijauan ini ditandai dengan penanaman perdana bibit pohon pelawan, alpukat, dan kopi.

Kemudian, penanaman juga dilakukan secara bergantian oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Babar sebagai tanda dimulainya Parade Penghijauan di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat sebagai kegiatan dari Gerakan Hijau Biru Babelku yang diinisiasi oleh Pj. Gubernur Kep. Babel, Ridwan Djamaluddin.

Pj Gubernur Ridwan dalam sambutannya merasa semangat dan antusias. Sebab, pada kegiatan “Gerakan Hijau Biru Babelku” telah melibatkan berbagai pihak seperti PT. Pupuk Indonesia selaku BUMN, dinas terkait, Karang Taruna setempat, dan juga pelajar.

Terutama penggagas serta panitia kegiatan yang juga melibatkan anak-anak muda dari Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat.

“Saya sangat berbangga hati karena anak-anak ini antusias untuk terlibat. Mereka juga paham serta sadar terhadap kondisi alam di masa depan,” kata pria yang berasal dari Muntok ini.

Menurutnya, semua pihak yang turut serta pada kegiatan penghijauan ini menunjukkan komitmen yang sama, yang sesuai dengan tujuan dan misinya sebagai Pj Gubernur untuk melakukan penghijauan dan menjaga hutan di Kep. Babel agar kembali asri.

“Ini adalah gerakan akar rumput, semoga nanti rumput-rumput ini akan tumbuh menjadi pohon-pohon yang besar. Ini juga merupakan gerakan masyarakat yang insyaAllah masifnya tidak kalah dari pertambangan ilegal,” katanya.

Gerakan penghijauan ini menurutnya sangat bermanfaat dalam mengurangi lahan kritis yang ada di Provinsi Kep. Babel.

Menurutnya lagi, Prov. Kep. Babel merupakan provinsi yang relatif muda, sehingga gerakan penghijauan ini akan memberikan dampak yang baik dalam membangun daerah di masa depan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kebesaran hati para pemuda Bangka Barat yang telah terlibat langsung pada kegiatan ini. Semoga masa depan kalian pemuda Bangka Barat secara khusus, dan Kep. Babel secara keseluruhan akan jauh lebih baik dan lebih sejahtera daripada saat ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Ridwan juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak sebagai satu keluarga dalam penanggulangan lahan kritis yang ada, khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Dirinya juga menyampaikan kembali arahan dari Ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku, Bambang Dwi Hartono bahwa setelah kegiatan ini, ada bibit-bibit tanaman jeruk manis yang akan diserahkan kepada masyarakat melalui pelajar yang hadir pada kegiatan, agar setiap rumah dapat menanam dalam rangka mendukung program & “one house one tree”.

“Mari kita pupuk dan siram tanaman yang telah ditanam hari ini agar tidak berhenti sebagai seremonial belaka. Hal ini demi mempertanggungjawabkan semua tindakan kita tidak hanya di mata publik, tetapi juga di mata Allah SWT,” katanya.

Pj Gubernur Ridwan berharap acara penghijauan kali ini dapat memberikan dampak yang baik dan menghasilkan kebaikan di masa depan.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan dapat membawa kebaikan khususnya masyarakat Bangka Barat dan Kep. Babel umumnya agar suatu saat kita dapat mengatakan “apa yang kita tanam hari ini akan membawa kebaikan di masa yang akan datang,” harapnya.

Selain penanaman bibit pohon, acara pencanangan Gerakan Hijau Biru Babelku ini dirangkaikan dengan pelepasan ikan air tawar endemik Kep. Babel yang terdiri dari delapan jenis ikan _native_ atau ikan asli di perairan Kep. Babel oleh Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kep. Babel, pelepasan burung perkutut oleh Pj. Gubernur beserta Forkopimda Kab. Babar, serta penyerahan secara simbolis pupuk dari PT. Pupuk Indonesia kepada Ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *