Jambore Nasional XI Resmi Dibuka, Ini Pesan KaKwarda Babel!

Bagikan Berita

Cibubur,BERITACMM.com

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan Pembukaan Jambore Nasional XI tahun 2022 dipimpin oleh Pembina Upacara yaitu Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Wasesa, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/22).

Dihadapan 9.468 peserta Jambore Nasional XI, dalam arahanya, Ka Kwarnas, Budi Waseso menjelaskan bahwa pada hari ini Gerakan Pramuka Indonesia genap berusia 61 tahun, namun demikian Gerakan Pendidikan Kepanduan di Indonesia sudah ada sejak tahun 1912, yang artinya tahun ini sudah berusia 110 tahun.

Dijelaskannya juga, bila dulunya gerakan Kepanduan terpecah-pecah dengan berbagai organisasi, maka atas peran dan prakarsa Presiden Soekarno, semua organisasi kepanduan itu disatukan dengan wadah yang diberi nama Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden No 238 tahun 1961.

“Gerakan Pramuka menjadi penting dalam berperan mendidik pemuda Indonesia, sehingga dapat menjadi manusia-manusia yang Pancasilais, berkarakter baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta siap mengabdi bagi bangsa dan negara” ungkapnya.

Oleh sebab itu Tema Peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 ini adalah Mengabdi Tanpa Batas, Membangun Ketangguhan Bangsa, diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial, bhakti masyarakat, dan menolong berbagai kondisi bencana alam, bergerak pertama dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

Selain itu juga dilaksanakan program untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila, yang diwujudkan dalam perilaku keseharian maupun berbagai kegiatan lainnya, yang dilakukan oleh para anggota Pramuka.

“Seorang Pramuka harus mengabdi tanpa pamrih, mengabdi tanpa henti serta membantu untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat” tegasnya.

Dan salahsatu kegiatan yang diadakan adalah Jambore Nasional ke XI yang diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 melalui tema Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.

Selain ketrampilan Kepramukaan, dalam Jamnas ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Kampung Pengembangan Berkelanjutan, Teknologi, Seni dan Budaya, Kampung digital dan Komputasi Awan (Cloud), serta dilaksanakan kegiatan Bhakti Masyarakat.

Di tempat ini juga telah disediakan kebun buah dan tanaman nusantara. Jamnas XI ini menurut Ka Kwarnas adalah bagian dari pendoktrisasian cara kepramukaan, yang dikemas dalam kegiatan Jambore.

Pesan Ka Kwarda Babel di Hari Pramuka

Sementara itu sesuai dengan Tema Hari Pramuka Ke-61, Ka Kwarda Babel, Melati Erzaldi berpesan agar seluruh anggota Pramuka di Kwarda Bangka Belitung untuk terus mengabdi tiada henti melalui program dan kegiatannya sehingga dapat mewujudkan ketangguhan bangsa.

“Terimakasih kepada seluruh anggota Pramuka di Kwarda Babel, yang dengan berbagai program dan kegiatan, telah menjadi pelopor khususnya dalam membantu penanganan Covid-19 dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Namun tidak berhenti di sini, Pramuka harus terus mengabdi tanpa henti untuk mewujudkan ketangguhan bangsa” harapnya.

Kepada seluruh peserta Jambore Nasional XI, Ka Kwarda Melati berharap agar para peserta mengikuti seluruh rangkaian Jamnas dengan sebaik-baiknya. Karena menurutnya, materi yang diberikan dalam Jamnas XI tahun ini sangat menarik dengan diisi pembekalan tentang ekonomi kreatif di dalamnya. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi konsen programnya.

Tak lupa Kak Melati berpesan agar dapat menjaga kesehatan selama berlangsungnya Jambore. Kwarda Babel dalam Jambore Nasional XI ini mengirimkan 144 Kontingen, baik perserta berkebutuhan khusus, serta pembina pendamping dari seluruh Kwartir Cabang yang ada.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *