Pemda dan DPRD Terima Penghargaan Pada Puncak Hari Dharma Karya Dhika ke-77

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Memasuki puncak acara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung menggelar Upacara serta Syukuran dan Pemberian Penghargaan, pada Jumat (19/08/2022).

Puncak acara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) diawali dengan upacara yang diikuti seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Babel di Halaman Kantor Wilayah. Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, T. Daniel L. Tobing sebagai Inspektur upacara, serta didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Itun Wardatul Hamro, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Agus Irianto, Kepala Divisi Keimigrasian, Barron Ichsan, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini.

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM oleh Kepala Divisi Administrasi, lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih. Melanjutkan prosesi upacara, dibacakan teks Panca Prasetya Korpri dan teks UUDNRI Tahun 1945 oleh petugas upacara.

Sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah, T. Daniel L. Tobing menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kakanwil menyampaikan jika Hari Dharma Karya Dhika tahun ini merupakan hari yang istimewa bagi Jajaran Kementerian Hukum dan HAM karena untuk pertama kalinya merayakan ulang tahunnya di tanggal 19 Agustus, yang semula pada tanggal 30 Oktober.

“Penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah, dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hukum pada tahun 2021 lalu, yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan Hari Lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi Hari Lahir Kemenkumham RI pada sejarah yang benar,” ujar Kakanwil meneruskan pesan Menkumham.

Di usia ke-77 tahun ini, Kementerian Hukum dan HAM telah mampu menghasilkan prestasi di tengah segala tantangan yang ada.

“Menjalani dinamika usia yang ke-77 ini, saya berharap seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar bekerja dengan baik dari waktu ke waktu didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK. Bekerjalah dengan ikhlas, tanpa pamrih serta tanpa cela, berikanlah pengabdian yang terbaik bagi Masyarakat, Kementerian Hukum dan HAM, Bangsa dan Negara tercinta,” tutup Kakanwil.

Kegiatan dilanjutkan dengan syukuran dan pemberian penghargaan dalam rangka HDKD ke-77 Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pengayoman tersebut dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama serta para penerima penghargaan.

Kanwil Kemenkumham Babel memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan DPRD sebagai bentuk apresiasi atas kemitraan dan kerja sama dalam pembentukan Peraturan Daerah.

Adapun penerima penghargaan antara lain:

    Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah;
    Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat;
    Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur;
    Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung;
    DPRD Kabupaten Belitung Timur;
    DPRD Kabupaten Bangka Selatan;
    DPRD Kabupaten Belitung.

Selanjutnya pemberian penghargaan sebagai ucapan terima kasih untuk Bupati Bangka Tengah dan Bupati Bangka Selatan atas Hibah Tanah untuk Pembangunan Lapas/ Rutan. PT. TIMAH juga turut mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI terkait Pemenuhan Perlindungan, Penghormatan dan Pemulihan Hak Asasi Manusia sesuai standar Indikator Penilaian Risiko Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

Kanwil Kemenkumham Babel juga memberikan penghargaan kepada satuan kerja dibawahnya yang memperoleh penilaian terbaik pada Survei Indeks Persepsi Korupsi, Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Integritas Organisasi periode Agustus 2021 – Juli 2022.

Untuk kategori satuan kerja terbaik Suvei IPK, yaitu:

    Peringkat I: Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Pangkalpinang
    Peringkat II: Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan
    Peringkat III: Rutan Kelas IIB Muntok.

Kategori satuan kerja terbaik Survei IKM, yaitu:

    Peringkat I: Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Pangkalpinang
    Peringkat II: Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan
    Peringkat III: Rutan Kelas IIB Muntok.

Kategorti satuan kerja terbaik Survei Indeks Integritas, yaitu:

    Peringkat I: Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pangkalpinang
    Peringkat II: Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalpinang
    Peringkat III: Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas II Pangkalpinang.

Terakhir diberikan juga Penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk pegawai yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Puncak acara Hari Dharma Karya Dhika ke-77 Tahun 2022 diakhiri dengan pemotongan kue dan tumpeng sebagai symbol dari rasa syukur atas pencapaian yang telah dilakukan Kementerian Hukum dan HAM selama 77 tahun. Diharapkan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung dapat melanjutkan pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara tercinta.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *