Kadis Kominfo Babel Tekankan Pentingnya Validasi Data, Menuju Satu Data

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kadis Kominfo Prov. Kep. Babel) Sudarman, menekankan pentingnya validasi data, yang merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan data yang berkualitas, sehingga bisa menghasilkan informasi yang akurat dan kredibel menuju satu data.

“Validasi Data Statistik Sektoral ini sangat penting. Data yang valid artinya data yang benar, akurat dan kredibel, tidak distorsi maupun menyimpang. Sehingga tidak ada lagi data yang dikeluarkan oleh Lintas Sektoral di Prov. Kep. Babel berbeda satu sama lain,” ungkapnya.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Babel, Sudarman saat membuka secara resmi kegiatan Validasi Data Statistik Sektoral Semester I, yang bertempat di Kantor BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (24/8/22).

Kadis Kominfo Sudarman menjelaskan, bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, pada tahun 2024 nanti Satu Data Indonesia sudah _clear._

Dan untuk mendukung hal tersebut, maka validasi data menjadi hal yang sangat penting. Selain untuk melakukan pembinaan dan pelatihan, dilakukan juga peningkatan kemampuan para petugas pengambil sampel data, sehingga data yang diambil merupakan data yang benar dan akurat.

“Kita perlu turun langsung ke lapangan untuk melakukan validasi data ini,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, Kadis Kominfo Prov. Kep. Babel berharap akan dukungan dan kerjasama dari BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku Pembina Data dalam melakukan validasi data, khususnya di Lintas Sektor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dirinya juga mengharapkan kerjasama dengan Kabupaten/Kota sebagai produsen data dalam meningkatkan forum data untuk menuju satu data.

Sementara Kepala BPS Prov. Kep. Babel, Toto Haryanto Silitonga menyampaikan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Prov. Kep. Babel atas kerjasama dan kolaborasinya dalam hal pembinaan Data Statistik Sektoral di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kominfo sebagai wali data sangat membantu BPS sebagai pembina data dalam menerapkan sistem statistik nasional,” ungkapnya.

Kepala BPS Prov. Kep. Babel Toto Silitonga dalam kesempatan ini juga menyampaikan materi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Provinsi kepada seluruh peserta yang hadir.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *