Polda Terjunkan Ratusan Anggota Guna Pengamanan G20 Belitung, Karo OPS : Jangan Langgar SOP!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengirimkan personil pengamanan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Belitung, pada 4 September.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Babel, Kombes Pol Pontjo Soedjatmiko mengatakan, personil itu terdiri dari Polda Babel, Polres Belitung dan Belitung Timur, serta ditambah BKO Mabes Polri untuk Kru Helikopter.

“Tanggal 4-5 diusahakan sudah semua, kita konsolidasi semua di sana (Belitung), kemudian tanggal 6 kita konsolidasi terakhir sambil gelar pasukan,” kata Pontjo kepada beritacmm.com, Kamis (1/9/2022).

“Untuk rinciannya dari Polda ada 621 personil, Beltim ada 183, Belitung 260, Pimpinan 52 serta BKO 4 korpolairud dengan dukungan helikopter, keseluruhan totalnya mencapai 1116 personil,” sambungnya.

Lanjut dia, penggeseran personil ini menggunakan kapal melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

“Pelabuhan Pangkalbalam untuk penggeseran pasukan, Pelabuhan Sadai Bangka Selatan penggeseran sarana dan prasarana dan ranmornya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pengamanan G20 Belitong ini dalam Operasi Satam Menumbing 2022, yakni dimulai tanggal 7-9 September.

“Tetapi tahap persiapan dengan penggeseran personil kita itu dimulai dari tanggal 3 September. Jadi itu yang berbeda antara kegiatan pengamanan yang ada di sini (Bangka) dengan pengamanan di sana (Belitung), karena kita beda pulau,” ujarnya.

Ia menghimbau, kepada petugas pengamanan ini untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kemudian melakukan cara bertindak yabg preemtif dan preventif dan kegiatan penegakan hukum apabila diperlukan dengan upaya melaksanakan kegiatan intelejen, untuk mendata kelompok orang atau pelaku yang diduga melakukan teror dan mengganggu kegiatan,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *