Gaung G20 Belitung tak Merata, Bangun Jaya Berharap Masyarakat Rasakan Dampak Positif

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Kendati merupakan event internasional, perhelatan G20 terkesan terlokalisir hanya di Belitung saja. Hal tersebut salah satunya terlihat dari minimnya branding yang dilakukan terkait event ini di luar pulau Belitung.

Demikian disampaikan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pangkalpinang, Bangun Jaya kepada wartawan Kamis (8/9/22). Bangun Jaya menilai, seolah olah terbangun ego sentris yang kuat antar institusi pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi Babel selaku koordinator dengan kota Kabupaten di Babel. Menurutnya semestinya ada sinergi yang terbangun menggaungkan event G20 Belitung yang sedang berlangsung ini.

“Saya memperhatikan, bahwa di Pangkalpinang saja minim sekali adanya branding terkait G20 ini. Memang betul event ini terpusat di pulau Belitung, akan tetapi ini adalah event internasional yang menjadi milik masyarakat Babel secara umum. Sehingga gaung dari event ini harus menyeluruh. Jangan ada ego sentris antara instansi di pemerintah itu dibiarkan menajam. Mari kita tunjukkan sinerginya. Jangan seperti ini minim koordinasi sepertinya. Kita harus bengandeng tangan membangun Babel ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang ini

Bangun Jaya juga menyampaikan harapannya bahwa perhelatan yang menelan biaya besar tersebut benar-benar memberikan dampak positif bagi  Babel secara umum dan masyarakat Belitung khususnya. Termasuk optimalisasi peran masyarakat dalam perhelatan internasional ini.

“Harapan saya, event internasional seperti G20 ini benar-benar optimal nantinya memberikan dampak kepada masyarakat Babel.Tentunya kita berharap begitu karena besar biaya yang digelontorkan negara untuk event ini, sehingga diharapkan optimal hasilnya. Selain itu saya sangat berharap ada peran serta masyarakat secara langsung dalam event ini, karena itu akan mempengaruhi secara psikologis pada event-event selanjutnya. Masyarakat akan antusias ke depan, karena mereka merasa apapun event nya adalah milik mereka karena mereka merasakan manfaat dan keterlibatannya. Jadi peran masyarakat juga harus optimal,” harap Bangun Jaya.

Terpisah, hari ini event G20 yang merupakan acara pertemuan para perwakilan negara-negara maju dan negara-negara berkembang dari berbagai belahan dunia ini sudah tinggal menyisakan 1 hari. Menurut jadwal, besok para delegasi negara sahabat tersebut akan mengunjungi UNESCO geopark di Belitung.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *