Peran Strategis Insan Pers Dalam Menyukseskan P4GN di Kota Beribu Senyuman

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Badan Narkotika Nasional Kota Pangkalpinang menggelar Workshop penguatan kapasitas Insan Media untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba, yang berlangsung di Sun Hotel Pangkalpinang, Rabu (21/09/2022).

Hal ini dalam rangka penanganan permasalahan narkotika di Kota Beribu Senyuman, sekaligus melaksanakan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta untuk memperoleh dukungan segenap masyarakat dan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam penguatan P4GN ini.

Dalam hal ini, ditunjuk sebagai narasumber kegiatan, Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Donald Tampubulon mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh berjalannya program P4GN tersebut. 

Akan tetapi, menurutnya, dalam mensosialisasikan program tersebut pihaknya tidak dapat berjalan sendiri. Oleh karena itu, pihaknya juga akan menggandeng seluruh stakeholder agar segala program-program yang sudah diwacanakan itu, benar-benar dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan.

“Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri untuk mensosialisasikan P4GN kepada masyarakat, khususnya untuk teman-teman pers untuk turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat bahayanya dari penyalahgunaan narkoba ini,” ungkap Donald.

Untuk diketahui, P4GN adalah program yang dicanangkan pemerintah melalui BNN yang bertujuan mengendalikan NPZA, hal itu diperlukan karena banyaknya penyalahgunaan NPZA serta peredaran gelap yang terjadi di Indonesia.

Lanjut Donald, sebuah media massa ataupun seorang jurnalis memiliki peran yang strategis dalam menyampaikan informasi seputar bahayanya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat.

Oleh karna itu, Ia berharap wartawan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media massa serta tentu dari sumber informasi yang dapat di pertanggung jawabkan.

“Mari kita bersama-sama mengajak masyarakat dalam memerangi narkoba ini, turut menyadarkan pengguna untuk membebaskan diri ketergantungan pada narkoba, membuat efek jera kepada para pengedar narkoba dan turut meningkatkan Kewaspadaan terhadap peredaran gelap narkoba ini,” pungkas Donald.

Sementara itu, dalam mengkoordinir, mengarahkan, mengendalikan, dan mengawasi pelaksanaan fasilitas P4GN, Pemkot Pangkalpinang juga terus melakukan aksi dan optimalisasi terkait P4GN ini, antara lain :

1. Membentuk regulasi aturan
2. Melakukan sosialisasi
3. Membentuk tim terpadu kota dan kecamatan
4. Melakukan pencegahan dan pengawasan bersama lembaga atupun instansi yang terkait .

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.