Izin SPK Dicabut, Puluhan PIP Yang Beroperasi di Muara Tengkorak Ditertibkan

Bagikan Berita


Bangka,BERITACMM.com

Tim gabungan yang terdiri dari Divpam PT Timah Tbk dan Div Pamobvit Polda Babel, memberikan himbauan sekaligus melakukan penertiban terhadap puluhan Ponton Isap Produksi (PIP) yang beroperasi pada DU 1548 kawasan laut Muara Tengkorak, Kabupaten Bangka. Himbauan dan penertiban terpaksa dilakukan, lantaran izin SPK dari PT Timah Tbk untuk mitra tersebut sudah di stop dan akan dilakukan evaluasi ulang.

“Penertiban terpaksa dilakukan, karena izin SPK dari PT Timah sudah di-stop dan akan dievaluasi ulang,” ungkap Kadiv PAM PT Timah Tbk, Wing Handoko, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/10/22).

Lebih lanjut Wing Handoko menjelaskan, sebelumnya pihak PT Timah Tbk sudah memberikan izin menambang melalui mitra usaha yang dalam hal ini adalah CV. Akan tetapi pihak penambang banyak yang kurang kooperatif terhadap aturan yang sudah disepakati.

“Sebelumnya di wilayah ini sudah diberikan izin menambang melalui CV sebagai mitra usaha, tetapi pihak penambang banyak yang kurang kooperatif menaati aturan yang sudah disepakati. Ada yang kerja di malam hari, ada yang bekerja mendekati tempat wisata, banyak masyarakat atau oknum warga yang naik ke ponton untuk mencanting atau menjarah biji timah di ponton dan biji timah yang dihasilkan dari lokasi muara tengkorak DU 1548 tidak sesuai dengan realnya disetor ke pihak PT Timah,” jelas Wing Handoko.

“Karena sudah beberapa kali ditemukan adanya penambang membawa biji timah secara diam-diam dan mereka secara sengaja untuk mengeluarkan ke luar, bukan disetor ke PT Timah. Kami selaku Divisi Pengamanan Aset sudah beberapa kali menghimbau dan evaluasi dan akhirnya semua izin terpaksa dicabut dan akan ditertibkan kembali,” tambah Wing Handoko.

Menutup pembicaraannya, Wing Handoko mengatakan, bahwa kedepan pihaknya akan meminta arahan dari pimpinan terkait kelanjutan aktivitas penambangan di kawasan laut Muara Tengkorak, DU 1548. Apakah nanti akan disterilkan atau akan dilakukan evaluasi kembali untuk ditata rapi.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *