MPD Notaris Pangkalpinang Lakukan Pengawasan Terhadap Notaris di Belitung

Bagikan Berita

Belitung,BERITACMM.com

Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Pangkalpinang Melaksanakan Kegiatan pengawasan terhadap Notaris di Belitung, Senin (10/10/2022).

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung, Adi Riyanto, S.H., MH selaku Ketua Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Pangkalpinang. Tim diterima langsung oleh Notaris yang ada di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari.

Dalam kesempatan hari pertama ini Ketua MPD menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka pengawasan terhadap notaris di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

“Pelaksanaan kegiatan pengawasan ini dilaksanakan sebagai pembinaan dan pengawasan terhadap notaris-notaris yang ada di kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, yang mana telah diatur berdasarkan Undang-undang jabatan Notaris Jo. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 16 tahun 2021 tentang Susunan Organisasi dan tata kerja, Tata Cara pengangkatan dan Pemberhentian, serta anggaran Majelis Pengawas Notaris yang menyatakan bahwa Majelis Pengawas Daerah berwenang melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap dugaan pelanggaran perilaku dan pelaksanaan jabatan notaris,” ujar Ketua MPD,  Adi Riyanto.

Tim Pemeriksa juga melakukan check list atas dokumen yang diperiksa, apakah semua dokumen notaris telah dikerjakan sesuai dengan Undang-undang Jabatan Notaris yang berlaku.

Tim juga melakukan wawancara kepada notaris dan staf notaris untuk mendapatkan informasi yang diperlukan serta uji petik atas kebenaran dokumen.

Kemudian atas hasil pemeriksaan terhadap notaris, Tim menuangkan dalam Berita Acara Exit Meeting yang ditanda tangani oleh anggota tim dan notaris yang bersangkutan.

Mengakhiri kegiatan pemeriksaan di hari pertama, Ketua Tim MPD, Adi Riyanto S.H., M.H mengharapkan notaris yang ada di kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur akan semakin maju dan bermartabat sesuai dengan Undang-undang Jabatan Notaris.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *