Rektor UBB Berharap Perguruan Tinggi Lokal Dilibatkan Pemerintah Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim,  berharap Pemerintah Provinsi maupun Daerah untuk dapat melibatkan Perguruan Tinggi dalam berbagai kegiatan terutama dalam perencanaan pembangunan daerah.

Demikian hal ini diutarakan Ibrahim, usia melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman ataupun Memorandum of Understanding (MoU) terkait penyaluran beasiswa bagi para mahasiswa, berlangsung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Kamis (03/11/2022).

“Tentu kami berharap ada dukungan lain terutama pada pelibatan Perguruan Tinggi lokal terutama dalam kegiatan perencanaan pembangunan,” ungkap Ibrahim.

“Selama ini kan kita melihat sudah mulai meningkat atensi serta perhatian (pemerintah-red) kepada perguruan tinggi, jadi kami berharap pelibatan itu semakin tinggi,” sambungnya.

Ia menilai, hal itu merupakan salah satu langkah untuk pemberdayaan Perguruan Tinggi dalam memajukan pendidikan, serta dapat menjadi wujud sumbangsih dari Perguruan Tinggi kepada daerah.

“Biasakan identik tuh, kalo ada kegiatan itu konsultannya dari luar daerah, dari PT-PT besar, sampai kapan hal itu kalo tidak saling memperkuat? Kami Perguruan Tinggi pun memiliki keinginan untuk berkontribusi tapi disisi lain kerannya belum terbuka secara luas,” jelas Rektor UBB tersebut.

Oleh karna itu, Ia sangat berharap, keterlibatan perguruan tinggi hingga para dosen swasta maupun negeri dapat lebih ditingkatkan dalam berbagai kegiatan yang akan dilakukan pemerintah nantinya.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama ini lebih bisa membuka ruang bagi dosen-dosen baik perguruan tinggi swasta ataupun negeri terlibat dalam berbagai kegiatan. Kita yakin dan percaya seperti kata Pak Gubernur, orang Bangka itu pinter-pinter tidak salah dari sisi SDM, saya kira begitu,” tutur Ibrahim sembari menirukan perkataan PJ Gubernur Babel, Ridwan Djamaludin.

Sementara itu, menyikapi hal itu, PJ Gubernur Babel, Ridwan Djamaludin menyambut baik masukan yang disampaikan tersebut.

Menurut Ridwan, pelibatan Perguruan Tinggi lokal dalam perencanaan pembangunan daerah memang perlu dilakukan, dimana hal ini juga merupakan salah satu upaya Pemprov Babel dalam meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi Yang ada di negeri serumpun sebalai ini.

“Tadi saya juga diminta untuk membuat Perguruan Tinggi kita ini terlibat dalam banyak kegiatan, misalkan kajian-kajian, pembuatan kebijakan, itu bagus dan akan kita lakukan,” kata Ridwan.

Selain itu, Ridwan juga mengungkapkan beberapa hal terkait upaya Pemprov Babel dalam meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi, dimana salah satunya yakni penyaluran beasiswa berkelanjutan hingga mendorong Perguruan Tinggi untuk memiliki sesuatu yang di unggulkan.

Ridwan menilai, keunggulan dari masing-masing Perguruan Tinggi memang perlu di tonjolkan, guna menarik minat siswa baru agar Ingin melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi yang ada di Babel.

“Tadi saya minta setiap Perguruan Tinggi itu punya unggulan, apa sih yang mau kita unggulkan dari masing-masing perguruan tinggi? Jadi anak-anak kita ini tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang ada di daerah kita ini,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *