Mengheningkan Cipta 60 Detik Warnai Prosesi Upacara Hari Pahlawan di Kanwil Kemenkumham Babel

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung laksanakan upacara bendera di halaman Kantor Wilayah, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur pada upacara hari ini Kepala Kantor Wilayah, T. Daniel L. Tobing, yang didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi sekaligus Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Itun Wardatul Hamro, Kepala Divisi Keimigrasian, Barron Ichsan, serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini.

Upacara dimulai dengan pengibaran dan penghormatan kepada bendera merah putih oleh seluruh peserta. Di tengah prosesi upacara, seluruh pegawai Kantor Wilayah mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

Saat upacara, dibacakan juga teks pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan teks Pembukaan UUDNRI Tahun 1945, serta pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh petugas upacara.

Inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa pada setiap tahunnya Hari Pahlawan selalu diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ujar Kakanwil.

Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” lanjut Kakanwil

Melalui peringatan Hari Pahlawan 2022 ini tentunya marilah kita bersama-sama memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara serta tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *