BeritaDaerahEkonomi BisnisNasionalPemerintahan

Kebun Percontohan, Diharapkan Membangkitkan Gairah Berkebun Masyarakat

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

PT Pupuk Indonesia menyerahkan kebun percontohan dan pembibitan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel ). Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Rumah Dinas Gubernur Babel, ditandai dengan panen perdana sayuran di kebun percontohan tersebut, Sabtu (19/11/22).

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Pupuk Indonesia, PT Petrokimia Gresik yang telah berhasil membuat kebun percontohan dan pembibitan ini, dengan harapan hal seperti ini bisa mendorong masyarakat Kep. Babel untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk berkebun jenis tanaman pangan, sehingga ke depan Kep. Babel tidak kekurangan pangan.

“Penyumbang inflasi terbesar di Kep. Babel salah satunya tanaman seperti ini, khusunya cabe merah dan bawang merah, untuk itu saya berinisiatif untuk membuat kebun percontohan ini, gagasan tersebut disambut baik oleh teman-teman saya dari PT Pupuk Indonesia, alhamdulilah hasilnya cukup berhasil,” ujar Pj. Gubernur Ridwan.

Melalui kegiatan ini, dirinya mengajak masyarakat kembali untuk menggeluti kegiatan bercocok tanam, dengan maksud bisa memenuhi kebutuhan keluarga di bidang tanaman pangan.
Pj. Gubernur Ridwan mendukung rencana dari berbagai pihak untuk menghidupkan kembali perkebunan lada Kep. Babel dengan cara yang lebih lagi.

“Tadi malam ada teman kita yang mau menghidupkan kembali lada kita ini, dengan cara yang lebih baik dari pada yang digeluti kita lebih dari 300 tahun yang lalu, ada juga Staf Khusus Presiden yang berencana menciptakan sejuta petani melenial, nah itu sedang kita padukan dengan program-program ini,” tegas Pj. Gubernur Ridwan Djamaluddin.

Di kesempatan ini, ia menjelaskan bahwa halaman rumah dinas gubernur saat ini bukan saja ada kebun percontohan, tetapi telah disediakan perternakan percontohan seperti ternak ayam, bebek, dan sejenisnya.

Direktur pemasaran PT Pupuk Indonesia Gusrizal menuturkan bahwa, pihaknya sebagai BUMN yang menyediakan kebutuhan pupuk di tanah air tentunya menyambut baik program ini. Selain itu, PT Pupuk Indonesia juga menyediakan tenaga ahli untuk membantu para petani, termasuk membuat kebun percontohan di berbagai daerah, supaya para petani berhasil dalam bercocok tanam, dengan mengunakan pupuk yang tepat, sesuai unsur hara tanah di daerah masing-masing.

“Jadi petani kita itu harus diyakinkan, kalau menggunakan pupuk yang tepat, petani akan berhasil seperti kebun percontohan ini,” ujar Gusrizal.

Dengan kegiatan seperti ini, harapannya dapat diikuti oleh masyarakat di daerah masing-masing.

Komisaris PT Petrokimia Gresik Amarsyah menuturkan bahwa, asal mula terbentuknya kebun percontohan ini bermula untuk antisipasi kerawanan pangan di Kep. Babel.

“Sebenarnya ini ada gagasan dari pak gubernur, pak gubernur itu takut terjadi kerawanan pangan, diharapkan dari kebun percobaan ini kita bisa memberikan motivasi kepada para ibu rumah tangga agar mereka bisa menanam berbagai jenis tanaman pangan di sekitar rumah mereka,” ungkap Amarsyah.

Amarsyah berharap, kerja sama ini bisa berkelanjutan, sehingga ke depan babel terbebas dari kerawanan pangan.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *