Peringati HUT KORPRI Ke-51, Jokowi Berharap ASN Mampu Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Negeri (KORPRI) yang ke-51 Tahun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung ikuti acara puncak yang digelar oleh Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung hybrid tersebut dilaksanakan secara langsung di Istora Senayan, Jakarta, dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia.

Sementara jajaran Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti secara virtual dari Balai Pengayoman yang diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi, Itun Wardatul Hamro, beserta para pejabat struktural, sedangkan jajaran pegawai mengikuti dari ruangan masing-masing.

Mengawali acara, Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan bahwa KORPRI didirikan dengan maksud sebagai tempat berhimpunnya segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Republik Indonesia.

“Mari dalam 4 tahun kedepan kita terus mendorong reformasi birokrasi untuk menjadikan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik. Kami juga mengajak rekan-rekan semua untuk terus konsisten berpartisipasi pada kegiatan KORPRI,” ujar Zudan.

Di sela-sela acara, Ari Ginanjar Agustian memberikan motivasi kepada seluruh ASN untuk menerapkan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani dalam bekerja dan menjalankan tugas dan fungsinya.

“Jadilah SUPER ASN yang memiliki sikap ‘Mental Agility: mampu bertahan dalam kondisi apapun’, ‘Change Agility: mampu beradaptasi dengan perubahan apapun’, ‘People Agility: mampu kerjasama dengan siapapun’, ‘Learning Agility: mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat’, serta ‘Result Agility: mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun’,” pesan Ari dalam motivasinya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, serta pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Repubik Indonesia.

Presiden Joko Widodo turut menyampaikan ucapan HUT KORPRI melalui tayangan video pada kegiatan puncak hari ini, Jokowi mengatakan berkat dukungan dan upaya elemen bangsa, termasuk KORPRI di dalamnya, Indonesia mulai pulih dan kembali berupaya untuk membangun negeri mejadi lebih baik.

“KORPRI menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan harus dapat mengubah mindset menjadi seseorang yang melayani, bukan yang dilayani. Sesuai dengan tema HUT KORPRI tahun ini yaitu “Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”, ASN diharapkan mampu melahirkan inovasi dan solusi, sehingga masyarakat dapat merasa terlayani, terlindungi, diayomi, dan tugas serta fungsi ASN dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” pesan Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan, sebagai organisasi KORPRI sudah seharusnya bertransformasi menjadi modern, ciptakan lebih banyak terobosan dan inovasi dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku, untuk meningkatkan kecepatan dalam pemberian layanan.

Mengakhiri kegiatan, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan saat ini ASN harus banyak berbenah dan berubah demi memberikan pelayanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Praktik Birokrasi yang panjang dan mempersulit rakyat harus diubah, kita juga harus terus gerakan anti korupsi dan pungli di satuan kerja masing-masing. Sehingga tercipta Birokrasi yang bersih di Indonesia,” pungkas Tito.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *