Jelang Perayaan Nataru, Jadwal Keberangkatan Kapal Diperkirakan Tidak Akan Mengalami Perubahan

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Menjelang Libur Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 serta kembali dibukanya izin mudik bagi masyarakat pasca Pandemi Covid-19.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Pangkal Balam memprediksikan, penumpang yang melakukan mudik via Transportasi Laut akan mengalami kelonjakan pada H-2 sebelum Perayaan Natal yang akan jatuh pada tanggal 25 Desember 2022 mendatang.

Demikian hal ini disampaikan Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Lala & Uspel), Dhanur kepada beritacmm.com, di KSOP Pangkal Balam, Senin (12/12/2022).

“Diperkirakan tanggal 23 Desember-26 Desember 2022 diprediksi terjadi  kelonjakan penumpang, tanggal 30 Desember 2022 – 2 Januari 2023 diprediksi puncak penumpang masa sebelum dan setelah tahun baru,” ungkapnya.

Dikatakan Dhanur, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, serta antisipasi perihal-perihal yang tidak diinginkan selama Nataru berlangsung, pihaknya juga menyediakan pos layanan bagi masyarakat, dimana rencananya akan mulai diterapkan pada 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 nanti.

“KSOP Pangkal Balam juga menyediakan posko layanan yang nantinya apabila masyarakat membutuhkan info layanan kapal, baik terkait info keberangkatan atau jadwal bisa langsung menanyakan di posko tersebut,” kata Dhanur.

Sementara itu, terkait wacana penambahan jadwal keberangkatan kapal guna mengantisipasi pelonjakan penumpang, Menurut Dhanur, wacana tersebut belum benar-benar dapat dipastikan.

Karna hingga saat ini, belum ada satu pun perusahaan kapal yang telah melaporkan ke pihaknya terkait penambahan jadwal keberangkatan kapal menjelang perayaan nataru tersebut.

“Dari agen-agen kita ada agen kapal Roro, Pelni, Ekspress Bahari, dan lainnya itu, setau kita sampai saat ini belum ada penambahan armada kapal atau penambahan jadwal keberangkatan kapal,” tuturnya.

“Kalo ada penambahan, mereka akan sampaikan dulu, misalkan saat lebaran Ekspress Bahari jadwalnya tiap hari. Memang rencananya ada penambahan jadwal keberangkatan kapal untuk hari Minggu dari Ekspress Bahari, tapi itu juga belum fix,” sambung Dhanur.

Lebih lanjut, Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tetap protokol kesehatan, jaga jarak, dan sering-sering nanya jadwal kapal, karna kapal ini beda dengan pesawat, karna jadwalnya sering berubah-berubah. Selain itu, dari pemerintah kan tidak ada larangan mudik, jangan sampai tidak boleh, liburan aman dan nyaman artinya boleh berpergian tetapi tetap menjaga protokol kesehatan,” imbuh Dhanur.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *