Mudik Via Transportasi Laut Wajib Vaksin Booster? Cek Persyaratannya Disini!

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Menyambut libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), serta kembali di izinkannya masyarakat untuk melakukan mudik oleh pemerintah.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Pangkal Balam melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Lala & Uspel), Dhanur, memprediksikan peningkatan jumlah penumpang akan kembali terjadi pada mudik perayaan nataru tahun ini.

Lalu apa saja syarat apabila ingin melakukan mudik via Transportasi Laut? Berikut penjelasannya!

Dijelaskan Dhanur, berdasarkan surat edaran (se) nomor 83 tahun 2022 terkait petunjuk perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi laut, ada beberapa kriteria umur yang diwajibkan harus vaksin booster bagi penumpang apabila ingin melakukan mudik via Transportasi Laut, dengan rincian sebagai berikut :

1. Wajib vaksin dosis ketiga (Booster) :
PPDN WNI Usia < 18 tahun

2. Wajib vaksin dosis kedua :
PPDN WNA Usia < 18 tahun dan PPDN WNI Usia 6-17 tahun

3. Dikecualikan dari kewajiban vaksin :
PPDN WNA Usia 6-17 tahun dan PPDN usia < 6 tahun (wajib dengan pendampingan)

4. RT-PCR atau rapid Test antigen (hasil negatif) :
PPDN kondisi kesehatan khusus/komorbid, melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan tidak bisa menerima vaksin.

5. Dikecualikan dari persyaratan vaksin dan tes PCR/rapid Test antigen :
PPDN yang akan melakukan perjalanan di wilayah perintis, daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan (3TP), dan pelayaran terbatas.

Selain itu, Dikatakan Dhanur, dalam surat edaran nomor 83 tahun 2022 ini juga mengatur persyaratan wajib vaksin bagi para awak kapal, dengan rincian sebagai berikut : 

1. Syarat terhadap awak kapal :
Wajib vaksin dosis ketiga (booster)
Awak kapal yang akan bergabung ke kapal (sign in) dan Awak kapal yang akan meninggalkan kapal (Sign Off)

2. Awak kapal menunjukan gejala covid diatas kapal :
Wajib diisolasi di ruangan terpisah, test rapid antigen, serta perawatan rumah sakit dengan biaya ditanggung perusahaan.

Lebih lanjut, dalam memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, pihaknya juga akan menyediakan pos layanan bagi masyarakat, yang rencananya akan mulai dibuka pada tanggal 18 Desember 2022 hingga 08 Januari 2023 nanti.

“KSOP Pangkal Balam juga menyediakan posko layanan yang nantinya apabila masyarakat membutuhkan info layanan kapal, baik terkait info keberangkatan atau jadwal bisa langsung menanyakan di posko tersebut,” ungkap Dhanur.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tetap protokol kesehatan, jaga jarak, dan sering-sering nanya jadwal kapal, karna kapal ini beda dengan pesawat, karna jadwalnya sering berubah-berubah. Selain itu, dari pemerintah kan tidak ada larangan mudik, jangan sampai tidak boleh, liburan aman dan nyaman artinya boleh berpergian tetapi tetap menjaga protokol kesehatan,” imbuh Dhanur.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *