BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Populasi Rusa Sambar di Penangkaran PT Timah Tbk Meningkat

Bagikan Berita

BelitungTimur,BERITACMM.com

Penangkaran rusa sambar di Tambang Primer Batu Besi yang dikelola PT Timah Tbk di Kabupaten Belitung Timur terus menunjukkan hasil yang positif. Ini karena populasi Rusa Unicolor terus bertambah.

Seekor rusa sambar jantan lahir pada Senin (5/8/2023), ini merupakan anak ke-3 yang lahir sejak rusa sambar tersebut di penangkaran dan dikelola oleh PT Timah Tbk.

Salah satu pekerja penangkaran rusa sambar, kata Ruslan, sejak kedatangan rusa sambar di penangkaran pada 1 Maret 2022 hingga saat ini penangkaran dan pemeliharaan rusa sambar berjalan dengan baik.

Antara lain mengatur pola makan dan selalu memperhatikan kondisi rusa, agar terus menunjukkan perkembangbiakan yang baik.

“Sampai saat ini tidak ada kendala berarti karena kami hadir dengan pengawasan dari PT Timah Tbk bekerjasama dengan dokter hewan dan BKDSA Sumsel,” kata Ruslan.

Menurut Ruslan, keberhasilan beternak rusa sambar tidak lepas dari perhatian, terutama dalam menyediakan pakan yang cukup, membersihkan kandang, serta merawat dan mendekati rusa agar rusa jinak dan tidak liar.

Apalagi di tahun 2023 ini, lahir dua anak rusa yakni Februari lalu.

“Kemarin anak rusa ketiga lahir kemarin, dan proses kelahiran anak rusa ini secara alami pada hari Senin sekitar pukul 11.30 WIB pada siang hari aman,” terangnya.

Ruslan bersyukur anak rusa sambar yang baru lahir itu dalam keadaan sehat dan masih dalam pengawasan.

Dalam waktu dekat, katanya, anak rusa sambar akan lahir kembali, karena saat ini sudah ada rusa yang bunting dan ada tanda-tanda akan melahirkan di kandang penangkaran TB Batu Besi PT Timah Tbk di Damar Belitung Timur. Daerah.

“Kondisi kedua anak rusa yang lahir sebelumnya berkembang cukup baik dan kini mendekati usia dewasa,” kata Ruslan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *