DaerahBeritaEkonomi BisnisNasional

Anak Rusa Sambar Lahir di Penangkaran PT Timah Tbk, Begini Harapan Kadis LHK Beltim

Bagikan Berita

BelitungTimur,BERITACMM.com

Dalam waktu satu minggu, lahir sebanyak dua anak rusa sambar di penangkaran di Tambang Besi Baru Primer Besar yang dikelola PT Timah Tbk di Kabupaten Belitung Timur.

Sebelumnya, lahir rusa sambar jantan pada Senin (08/05) dan Jumat (12/05) lahir betina lainnya.

Dengan demikian, anak rusa betina tersebut merupakan anak keempat yang lahir sejak rusa sambar berada di penangkaran yang dikelola PT Timah Tbk pada Maret 2022 lalu.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur, Novis Ezuar, penangkaran rusa sambar telah berperan positif, terutama dalam pemanfaatan lahan bekas tambang agar populasi rusa sambar tidak punah.

“Sejauh ini penangkaran berjalan baik, karena kita lihat rusa sambar berkembang biak cukup baik, melahirkan empat anak rusa,” ujar Novis Ezuar.

Ia menjelaskan, penangkaran rusa sambar sangat perlu dipertahankan karena terbukti membantu rusa berkembang dengan aman dan nyaman.

Menurutnya, ke depan, kawasan ini bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat tentang satwa.

“Ke depannya bisa menjadi wisata edukasi terkait keberadaan satwa yang dilindungi ini,” ujarnya.

Ia berharap penangkaran rusa ini tetap eksis sehingga nantinya bisa terus berkembang dan menjadi tempat penangkaran rusa.

Ia menyarankan, agar nantinya jika sudah banyak rusa perhatikan lokasinya. Sehingga, rusa dapat terus berkembang biak dengan baik.

“Sekarang dikhawatirkan jika di lokasi tersebut banyak rusa, dikhawatirkan daya tampung lokasi tidak mencukupi dan mengganggu penangkaran rusa,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *