BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Rakornas Bapemperda, Wadah Untuk Menghasilkan Produk Hukum yang Baik

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD se-Indonesia, yang akan berlangsung pada 5-7 Juli 2023.

Tiba di Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang pada Rabu (05/07/2023), Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik menyebutkan, bahwa Rakornas Bapemperda tersebut akan menjadi semangat para anggota dewan, terkhususnya menghadirkan produk hukum yang baik untuk masyarakat.

“Rakornas Bapemperda DPRD se-Indonesia ini juga menjadi wadah, untuk saling berbagi pengalaman antar provinsi tentang bagaimana menyusun perda (peraturan daerah) yang bagus, dan apa saja kendala-kendalanya,” ungkap Akmal.

Sebagai informasi, Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik juga akan membuka langsung Rakornas Bapemperda DPRD se-Indonesia, yang akan berlangsung di Novotel Hotel, Kamis (06/07/2023) besok.

Lebih jauh, menurut Akmal, Rakornas yang akan dilaksanakan tersebut sangatlah penting, apalagi bagi sebuah provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masih terbilang baru.

Tentunya, agar dapat paham dan mengerti bagaimana best practice membuat produk hukum yang bagus.

“Di rakornas inilah salah satunya saling berbagi pengalaman, dan belajar bersama bagaimana menghasilkan produk hukum yang bagus tersebut,” jelas mantan Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) ini.

Menurutnya, Rakornas Bapemperda DPRD se-Indonesia ini juga bukan hanya sebatas untuk penyusunan raperda saja, tapi bagaimana pemerintah mendorong kemajuan pariwisata dan perekonomian daerah-daerah di Indonesia.

“Sengaja kami pilih Babel, karena Babel punya destinasi pariwisata yang bagus dan banyak. Dan ini patut untuk dipromosikan, agar dapat memberi dampak yang baik untuk pelaku UMKM dan pariwisata daerah. Ya selain bekerja, juga bisa merileksasi diri dengan mengunjungi objek wisata di Babel ini, supaya pariwisata disini bisa dikenal kawan-kawan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *