DaerahBeritaNasionalOlahraga

Babel Batal jadi Tuan Rumah Bersama POPNAS 2023, Hanya Kirimkan Atlet di 11 Cabor

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) nampaknya harus gigit jari setelah batal jadi tuan rumah bersama pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI tahun 2023.

Sebelumnya diketahui, Babel akan menjadi tuan rumah bersama dengan Sumatera Selatan. Namun usai Babel mengundurkan diri sebagai tuan rumah bersama maka Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah tunggal dalam pergelaran yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2023 nanti.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Disparbudkepora Babel, Harun mengungkapkan, bahwa salah satu alasan pengunduran diri Babel sebagai tuan rumah bersama tersebut dikarenakan adanya defisit anggaran.

Disisi lain, lanjut Harun, pihaknya juga lebih memilih untuk memfokuskan dana yang tersedia saat ini untuk membantu menyukseskan pergelaran Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (PORPROV) Babel, yang akan berlangsung di Kabupaten Bangka Barat pada 22 Agustus hingga 31 Agustus 2023 nanti.

“Alasan pembatalan jadi tuan rumah bersama yaitu terkait defisit anggaran yang kita alami, karena kita juga sedang fokus untuk membantu pelaksanaan PORPROV di Bangka Barat, itu kan butuh anggaran yang besar, sehingga untuk suksesnya acara dimaksud kita mau tidak mau dengan keterbatasan anggaran harus milih mana yang jadi prioritas kita,” ungkapnya, Rabu (12/07/2023).

“Karna PORPROV ajang provinsi dan tanggung jawab provinsi, mau tidak mau kita harus mensukseskan PORPROV Bangka Barat,” sambung Harun.

Selain itu, dengan batalnya Babel sebagai tuan bersama POPNAS XVI tahun 2023 ini, menurut Harun, juga mempengaruhi kuota yang telah didapati sebelumnya.

“Jadi sebenarnya awalnya kita berencana mengikuti 20 cabang olahraga (cabor) ketika menjadi tuan rumah bersama POPNAS, namun dikarenakan batal menjadi tuan rumah sehingga kuota wilkad yang kita punya sebagai tuan rumah di hapus, sehingga atlet yang sudah kita seleksi di POPDA tahun kemarin tidak bisa kita kirimkan,” sesalnya.

Namun, terlepas dari hal itu, Harun mengatakan pihaknya tetap legowo, dan akan tetap mengirimkan para atlet-atlet tangguh yang akan berjuang mengharumkan nama Babel dalam ajang POPNAS nanti.

“11 cabor yang akan diberangkatkan, kurang lebih 135 atlet dan official yang akan kita berangkatkan ke POPNAS 2023,” tutupnya.

Adapun kesebelas cabor yang bakal diikuti tersebut yakni, atletik, renang, senam, taekwondo, karate, panahan, menembak, panjat tebing, judo, wushu, dan pencak silat.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *