BeritaDaerahNasionalPemerintahan

Ranto Sendhu Sebut PAD Babel Aman, Tapi….

Bagikan Berita

Pangkalpinang,BERITACMM.com

Adanya kabar kurang mengenakan terkait keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang dikabarkan mengalami penurunan pada sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), turut menuai respon dari Wakil Ketua Komisi II DPRD Babel, Ranto Sendhu.

Kepada sejumlah wartawan, Rantho mengatakan, bahwa telah melakukan koordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel dan telah mendapatkan jawaban atas hal tersebut.

Dijelaskannya, berdasarkan laporan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel, PAD justru mengalami peningkatan. Menurut Ranto, kondisi keuangan Pemprov Babel bahkan dalam kondisi baik-baik saja.

“Dalam fostur APBD perubahan 2023 posisi total PAD kita tetap naik, dari sebelum perubahan di angka Rp1,38 triliun itu naik ke angka Rp1,39 triliun. Walau kecil, tapi ada peningkatan sebenarnya,” jelas Ranto, Rabu (24/8).

Namun, penurunan pendapatan terjadi, lanjut Ranto, di penerimaan dana transfer pemerintah pusat ke daerah, yakni sebesar Rp15 miliar lebih.

“Itu yang terjadi sebenarnya. Kiritkan ini juga kami menganggap sebuah masukan, bagaimana Bakuda dapat berinovasi untuk menambah sumber penerimaan dari sektor pajak saat ini,” ungkapnya.

Diterangkan politisi Partai Demokrat dari dapil Kabupaten Bangka ini, bahwa dalam penerimaan pajak, Bakuda Babel saat ini dibatasi untuk mengelola lima jenis pajak yaitu pajak kendaraan bermotor, bea balik nama, pajak bahan bakar, pajak air permukaan dan pajak rokok. “Insyaa Allah di tahun depan akan tambah untuk mengelola pajak alat berat,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *