BeritaDaerahNasional

HUT Humas ke-72, Polda Babel Tanam Ribuan Pohon Mangrove 

Bagikan Berita

 

PANGKALPINANG,BERITACMM.COM

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satuan Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Polda Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman pohon mangrove, di kawasan pesisir laut lintas timur Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan ini juga dilakukan serentak oleh seluruh Polres jajaran dengan melakukan penanaman sebanyak 7.200 pohon, dengan rincian Humas Polda Babel sebanyak 5000 pohon, Polresta Pangkalpinang sebanyak 300 pohon, Polres Bangka sebanyak 750 pohon, Polres Bangka Barat sebanyak 300 pohon, Polres Bangka Tengah sebanyak 100 pohon, Polres Bangka Selatan sebanyak 200 pohon, Polres Belitung sebanyak 300 pohon sedangkan Polres Belitung Timur sebanyak 250 pohon.

Usai kegiatan, Wakapolda Babel, Brigjen Pol Sugeng mengatakan, bahwasannya penanaman bibit mangrove ini sebagai salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi nasional, karena Babel masuk wilayah yang memiliki garis pantai panjang.

Selain itu, kawasan yang rusak akibat ulah dari masyarakat ini juga diharapkan dapat kembali asri dan hijau, serta kembali menjadi kawasan bertelurnya fauna laut seperti kepiting bakau dan ikan.

“Oleh karena itu, pelestarian ekosistem pesisir menjadi suatu kewajiban dan investasi masa depan, seperti kawasan yang ditanami ini, sebelumnya sudah didata kalau ini tempat bertelurnya kepiting dan ikan, sehingga dilestarikan lagi supaya kedepan kembali bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sugeng kepada awak media, didampingi Kabid Humas Polda Babel Kombes Pol Jojo Sutarjo.

Sementara itu, untuk menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam ini agar tidak rusak kembali, kata Sugeng, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Daerah Aliran Sungai (BPDAS).

Disamping itu, dirinya juga berharap, masyarakat mendukung penuh atas Penanaman pohon mangrove tersebut.

 “Kami harap masyarakat dapat turut mendukung apa yang sudah dilakukan selama ini, supaya kedepannya kelestarian lingkungan semakin terjaga dengan baik,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Jojo Sutarjo menjelaskan, dalam rangkaian HUT Humas ini tidak hanya dilakukan penanaman pohon mangrove saja. Namun ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan seperti bakti sosial berupa Donor Darah, Penyaluran Air Bersih dan Pembagian Beras kepada warga kurang mampu.

“Ini rangkaian terakhir dari kegiatan sebelumnya berupa bakti sosial, nanti puncaknya di tanggal 30 Oktober. Semoga apa yang sudah dilakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

(Jek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *