BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Jaga Populasi Rusa Sambar, PT Timah Tbk Kembali Datangkan Sepuluh Ekor Rusa ke Peternakan Batu Besi di Belitung Timur

Bagikan Berita

BELITUNGTIMUR,BERITACMM.COM

PT Timah Tbk terus berkomitmen membantu melestarikan populasi Rusa Sambar di Pulau Belitung.

Sebab, penangkaran di Tambang Besar Batu Besi Kecamatan Damar kali ini kembali kedatangan sepuluh penangkaran rusa sambar, Sabtu (11/11/2023).

Sebelumnya, pada awal Maret 2022, PT Timah Tbk bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel memindahkan indukan Rusa Sambar ke lokasi penangkaran di Tambang Besar Batu Besi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Hingga saat ini, rusa sambar yang dipelihara berjumlah 14 ekor dan dalam kondisi sehat.

Seperti diketahui Rusa Sambar (Rusa Unicolor) merupakan satwa yang dilindungi. Rusa sambar mempunyai ciri khas yaitu tubuhnya lebih besar dibandingkan rusa jenis lainnya. Warna bulunya ada yang coklat dan ada pula yang abu-abu atau coklat dan merah.

Kepala Exitu Conservation Resort Kawasan XVIII Belitung Junaidi mengatakan, peran PT Timah Tbk sangat luar biasa dalam membantu menjaga populasi rusa sambar di Belitung.

Terbukti indukan rusa yang didatangkan pada Maret 2022 dalam kondisi sehat dan berkembang biak dengan baik.

Peran PT Timah Tbk dalam memelihara dan mengembangbiakkan satwa dilindungi yaitu rusa sambar di penangkaran sangat luar biasa, kata Junaidi.

Menurut Junaidi, selama dua tahun terakhir, kondisi tempat penangkaran rusa dan rusa dalam kondisi cukup baik.

Karena kondisi di penangkaran sesuai dengan sifat rusa sambar yang sebenarnya.

“Ini luar biasa komitmen PT Timah Tbk dalam memajukan satwa liar yang dilindungi,” jelasnya.

Kemudian Junaidi menyarankan agar kedepannya penanganan rusa baru tersebut sebaiknya dipisahkan dari anakan rusa yang sudah ada, sehingga memudahkan untuk berkembang biak.

“Kedatangan sepuluh individu ini berarti totalnya ada 24 individu dan penangkaran masih sangat memadai dan sangat memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Ruslan, Pekerja Peternakan Rusa Tambang Primer Besi PT Timah Tbk Ruslan bersyukur seluruh rusa yang di penangkaran dalam kondisi baik dan sehat.

Bahkan, pada tahun 2023 ini akan ada tambahan 5 anak rusa yang lahir sehingga totalnya menjadi 14 ekor. Kemudian ditambah 10 indukan lagi.

“Kami akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk merawat rusa sambar ini,” ujarnya.

Ruslan mengapresiasi PT Timah Tbk yang berhasil membudidayakan Rusa Sambar, sehingga ia berharap PT Timah Tbk terus menjaga komitmennya dalam melestarikan satwa dilindungi tersebut.

“Kami melihat PT Timah Tbk cukup baik dan cukup berhasil dalam mengembangkan populasi rusa sambar,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *