BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Lestarikan Permainan Tradisional Masyarakat Melayu Kundur, PT Timah Tbk Dukung Lomba Jong Sampan

Bagikan Berita

SAWANG,BERITACMM.COM

Mendukung pelestarian permainan tradisional di wilayah operasional Perseroan, PT Timah Tbk mengikuti lomba Jong Sampan yang diadakan oleh Pemuda Mukalimus, Desa Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimum.

Lomba Jong Sampan merupakan permainan tradisional masyarakat Melayu khususnya masyarakat nelayan pesisir untuk menjaga warisan budaya agar tidak punah dan hilang dimakan zaman.

Perlombaan Jong Sampan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan perlombaan kano.

Kompetisi ini juga menjadi media untuk memperkenalkan dan melestarikan permainan tradisional kepada generasi penerus agar dapat terus lestari. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan masyarakat Mukalimus Desa Sawang.

Kompetisi tahun ini diikuti sekitar 300 peserta yang terbagi dalam dua kategori yaitu Large Jong yang diikuti sekitar 187 peserta dan Small Jong yang diikuti kurang lebih 120 peserta.

Peserta lomba ini tidak hanya masyarakat Pulau Kundur saja, melainkan juga dari Karimun, Moro, Durai hingga Penyalai, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk atas bantuan yang telah diberikan sehingga kegiatan yang kami laksanakan dapat berjalan dengan sukses,” ujar ketua penyelenggara kegiatan, Samsul.

Salah satu warga, Naim, mengatakan masyarakat setempat sangat senang dengan kegiatan lomba Jong.

“Selain untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat berbagai daerah juga sebagai hiburan. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana karena ini merupakan warisan budaya asli masyarakat Melayu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kundur Barat Yusufian mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk yang mendukung berbagai kegiatan masyarakat termasuk pelestarian budaya.

“Mudah-mudahan sinergi antara masyarakat dan perusahaan dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat mendapat perhatian,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *