BeritaDaerahEkonomi BisnisNasional

Dukung Program Desa Iklim Kementerian LHK, PT Timah Tbk raih penghargaan dari Gubernur Babel

Bagikan Berita

BANGKABARAT,BERITACMM.COM

Dalam momentum HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-23, PT Timah Tbk menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pendukung program desa iklim yang diusung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ini diserahkan Pj Gubernur Bangka Belitung Safrizal usai upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Bangka Belitung ke-23 di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa (21/11/2023).

ProKlim merupakan program yang mengakui partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara terpadu, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

PT Timah Tbk mendukung program Pro Iklim di Desa Iklim Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat yang mendapat Piagam Partisipasi Program Desa Iklim Kategori Menengah oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bangka Belitung Ferry Afriyanto mengatakan Proklim merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bentuk kontribusi Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global.

ProKlim atau Program Desa Iklim merupakan salah satu program nasional yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bagian dari komitmen dan kontribusi Indonesia terhadap upaya pengendalian perubahan iklim global sesuai hasil Conference of the Parties (COP) ke-26. . UNFCCC.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Pakta Iklim Glasgow yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan peran masyarakat di tingkat tapak dan pemangku kepentingan dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Penghargaan ini memberikan pengakuan atau apresiasi kepada kelompok masyarakat di tingkat tapak sebagai pelaksana, pemerintah sebagai pengawas, dan lembaga/stakeholder terkait (dunia usaha, lembaga pendidikan, LSM, dan lain-lain) sebagai pendukung ProKlim,” jelas Ferry.

Ia mengapresiasi peran PT Timah dalam mendukung program Proklim di Desa Air Limau Mentok, Bangka Barat melalui Program Desa Amoi (Agro Mandiri dan Terpadu) yang merupakan bentuk kegiatan adaptasi dan mitigasi di ProKlim yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan iklim di Desa Air Limau. .

Menurutnya, program ini juga memberikan manfaat dari segi pangan, ekonomi, dan kebutuhan lingkungan.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Timah Tbk yang telah bergerak mendukung kelompok tani di Desa Air Limau dan Desa Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat melalui

Ia berharap PT Timah Tbk dapat mensinergikan program CSR dan bina lingkungan yang lebih tepat sasaran, mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi sesuai kebutuhan masyarakat setempat melalui program desa iklim.

Sementara itu, Kepala Desa Air Limau Mexsi Diansah mengaku bangga atas penghargaan yang diterima Desa Air Limau bersama PT Timah.

Alhamdulillah, kami merasa bangga bahwa kerja keras desa yang didukung oleh PT Timah Tbk mendapat apresiasi berupa penghargaan baik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, katanya.

Menurutnya, selama ini PT Timah Tbk telah berperan aktif dalam membantu kegiatan program Pro Iklim Kementerian Lingkungan Hidup.

“Selama ini kegiatan Kampung Iklim kami didukung oleh PT Timah Tbk. Seperti berbagai pelatihan seperti pembuatan kompos, pelatihan beternak ayam Arab dan Merawang, serta bantuan Pokdarwis Air Limau. memaksimalkan kegiatan yang telah dibangun. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Timah,” kata Mexi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *